-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tahapan Pilkada akan memasuki Pada tahapan debat terbuka Paslon. .

27 Oktober 2024 | 1:04:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-26T18:04:11Z


Labuhanbatu_ Jurnal Investigasi. Com

Pemilihan umum kepala daerah atau Pemilukada memasuki tahap debat terbuka debat pertama akan dilaksanakan  diatur sesuai regulasi yang tertuang dalam PKPU nomor 13 tahun 2024, bahwa sebelumnya Para kandidat Pasangan calon atau paslon bupati dan wakil bupati telah melaksanakan tahapan kampanye.

Selanjutnya akan memasuki tahapan debat publik tentunya itu  direncanakan digelar sebanyak 2 kali, mengingat Pada tahapan kampanye pemilu sebelumnya sudah sering dilakukan baik pada Pilkada Bupati Gubernur bahkan pemilihan presiden Tujuannya  untuk memberikan kesempatan kepada para kandidat paslon bupati dan wakil bupati dalam memaparkan visi misi dan program kerjanya di hadapan publik. 

"Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada para kandidat Paslon Bupati dan Wabup (Wakil Bupati), dalam memaparkan visi, misi, dan program kerjanya di hadapan publik" 

Berjalannya debat publik nantinya para kandidat diharapkan bisa membantu masyarakat dalam menentukan pilihannya, dengan mempertimbangkan gagasan dan rencana yang disampaikan oleh setiap kandidat secara langsung.


Debat publik merupakan forum resmi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum & Daerah (KPU & KPUD) sebagai bagian dari tahapan kampanye.

Ketua KPUD Labuhanbatu Zafar Siddik Pohan membenarkan, debat publik kandidat Bupati & Wakil Bupati Labuhanbatu akan diadakan dalam waktu dekat.

Melalui rapat koordinasi (Rakor) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2024, yang diadakan diruang rapat KPUD Labuhanbatu, Sabtu (26/10/2024) dihadiri para pemangku kepentingan, untuk melakukan segala persiapan penyelenggara maupun para kandidat.

Hari ini telah dilakukan Rapat Koordinasi menjelang debat publik yang akan kita selenggarakan, pada hari Senin (28/10/2024) bertempat di Ball Room Suzuya Hotel Rantauprapat, dijadwalkan mulai pukul 13.00 s/d selesai", paparnya.


Selain penetapan jadwal debat terbuka Zafar siddik memberikan himbauan, agar saat debat para kandidat berlangsung, partai pengusung, tim sukses, dan simpatisan serta masyarakat umum, nantinya dapat sama-sama menjaga kondusifitas, demi kelancaran acara debat." Jelasnya. 


Untuk mengantisipasi kondusifitas debat terbuka pihaknya (KPUD-Red) terpaksa membatasi para hadirin yang akan memasuki ruangan debat, dan telah disepakati bersama para LO (Liaison Officer/Penghubung) masing-masing kandidat, maka yang diperbolehkan memasuki ruangan debat sebanyak 80 orang tiap kandidat.

"Ya, kita telah sepakati dari masing-masing kandidat melalui LO/Penghubung maksimal 80 orang, tidak boleh lebih", Ucap zafar tegas.

Pada kesempatan itu juga , Zafar  menghimbau semua pihak, dengan saling menghormati dan sama-sama menjaga ketertiban, tanpa ada provokasi atau tindakan yang dapat memicu konflik, para kandidat senantiasa mengingatkan para pendukungnya tetap mematuhi tata tertib.

"Agar para kandidat dapat tetap fokus menyampaikan visi misi dan program kerja dengan jelas, logis, dan mendidik, tanpa menyudutkan kandidat lain". 

Komitmen kandidat untuk menciptakan dan menjaga acara debat berjalan damai sangatlah penting, agar masyarakat dapat memahami pandangan program kandidat. 

Dengan adanya himbauan tersebut, KPUD berharap proses Pilkada dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih berdasarkan kualitas dan kompetensi" Pungkasnya. 

Rakor dihadiri Ketua KPUD Labuhanbatu bersama jajaran, Ketua Bawaslu, TNI - Polri dan LO masing-masing kandidat, (MJI./Rahmat fajar sitorus) 
×
Berita Terbaru Update