-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Serentak OPERASI ZEBRA JAYA 2024 Di Wilayah Jabodetabek, Kota Bekasi Belum Nampak Pelanggaran Yang Signifikan

14 Oktober 2024 | 10:00:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-14T17:08:08Z
Satuan Gabungan Dalam Gelaran OPERASI ZEBRA JAYA 2024 


Kota Bekasi, MJI.COM - Operasi Zebra Jaya 2024 dilakukan secara serentak selama 14 hari ke depan. Di hari pertama, Satlantas Polres Metro Bekasi Kota melaksanakan operasi tersebut di depan Mega Mall Bekasi, Jl. Ahmad Yani, Kota Bekasi pada Senin (14/10/2024).


Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKP Ganda Siburian menuturkan bahwa operasi zebra kali ini bersifat edukatif dan sosialisasi.


"Untuk hari ini kita hari pertama melakukan operasi Zebra Polres Metro Bekasi Kota. Jadi ada tiga item yang kita lakukan, yang intinya semuanya sosialisasi. Pertama itu, kita bagi-bagi spanduk-spanduk, brosur, stiker. Yang kedua, baru peneguran-peneguran terhadap pelanggaran yang kasat mata terlihat. Contohnya nggak pakai helm. Terus kayak knalpot brong, safety belt segala macam itu," kata AKP Ganda Siburian.


Pada operasi Zebra Jaya 2024 polisi tidak melakukan penindakan terhadap pelanggaran. Hal ini karena di Kota Bekasi belum ada Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).


"Karena sekarang, ETLE kita belum berfungsi untuk Kota Bekasi, Sementara kita hanya sifatnya peneguran saja terhadap semua pelanggaran yang kasat mata. Sanksinya, saya rasa tidak ada. Kita nggak melakukan sanksi, peneguran saja," ujar AKP Ganda.


Sasaran dari Operasi Zebra Jaya 2024 meliputi pelanggaran kasat mata seperti tidak memakai helm, knalpot brong atau racing, safety belt pada pengguna kendaraan roda empat. 


"Termasuk kita melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah. Itu tadi saya juga sudah lakukan. Dari inspektur upacara, di masing-masing sekolah. Nah, secara garis besar. Itu yang kita lakukan di Kota Bekasi," imbuhnya.


Gelaran Operasi ZEBRA JAYA 2024 sepanjang Jl. Ahmad Yani Kota Bekasi 


Sebanyak 35 personil gabungan dari Sat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, Den Pom II, Satpol PP kota Bekasi dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi. Dari hasil pelaksanaan operasi tersebut, para pengendara masih dalam ketaatan berlalulintas.


"Kita lihat sendiri, kita lihat sama-sama. Memang biasa begitu. Kalau sudah kita melakukan operasi, tertib sih. Rata-rata semua pakai helm. Itulah fungsinya operasi ini. Bagaimana masyarakat dengan kesadaran sendiri, taat dengan aturan. Demi keselamatan mereka sendiri, termasuk orang lain, kira-kira begitu," katanya.


Operasi Zebra Jaya 2024 akan berlangsung dari 14 sampai dengan 27 Oktober 2024. Beberapa titik di Kota Bekasi  yang akan dilakukan Operasi tersebut ialah Jl. Ahmad Yani, Jl. Ir Juanda, termasuk di depan Terminal Kota Bekasi.


Lebih lanjut AKP Ganda Siburian berpesan kepada masyarakat terutama pengendara untuk tetap mematuhi peraturan lalulintas demi keselamatan bersama.


×
Berita Terbaru Update