-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati hari kesaktian Pancasila, Kapolres Kepulauan Tanimbar pimpin giat upacara

02 Oktober 2024 | 7:15:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-02T12:15:19Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Jajaran Polres Kepulauan Tanimbar menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., yang bertindak selaku Irup dan berlangsung di lapangan apel Mapolres Kepulauan Tanimbar, Senin (01/10/24) Pagi.


Pada upacara tersebut, tampak dihadiri oleh Wakapolres kepulauan Tanimbar Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., beserta para Pejabat utama Polres, Danki Brimob, para Kasat, para Kapolsek, Perwira Staf Polres dan Brimob hingga Personel Polres Kepulauan Tanimbar dan Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Polda Maluku bersenjata.


Momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas” tersebut, berlangsung dengan penuh khidmat yang diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara untuk mengenang para Pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kedaulatan Bangsa.


Selain itu, pada rangkaian upacara ini pun diwarnai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, selanjutnya pembacaan Naskah Undang-Undang Dasar 1945, hingga pembacaan Naskah ikrar kesetiaan kepada Pancasila oleh perwakilan Personel yang ditunjuk.


Disela-sela kegiatan, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Iptu OLOF BATLAYERI saat ditemui mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan momen bersejarah dalam perjalanan Bangsa Indonesia, sehingga hal ini harus dijadikan sebagai upaya untuk melestarikan, mengamalkan dan mengembangkan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara.


“Pancasila merupakan Dasar Negara Republik Indonesia dan sebagai alat pemersatu Bangsa. Oleh sebab itu, diharapkan agar kita sebagai Anggota Polri dapat menjadikan upacara ini sebagai momentum untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme" jelasnya.


Lebih lanjut Kasi Humas mengingatkan agar tidak hanya sekedar memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai ritual Tahunan saja, namun juga sebagai bentuk pengingat akan tanggung jawab kita bersama dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Oleh sebab itu, Ia menekankan tentang pentingnya peran serta dan partisipasi aktif Masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, demi terciptanya kedamaian serta keutuhan Bangsa.


Pelaksanaan upacara ini pun ditutup dengan doa bersama yang dibawakan oleh Bripka M. Z. BAHRUL ULUM dengan harapan lewat Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen seluruh Personel Polres Kepulauan Tanimbar dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada Masyarakat. Giat upacara pun berlangsung dengan aman, lancar dan sukses tentunya. (*)

×
Berita Terbaru Update