-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026: CHINA 2 πŸ†š 1 INDONESIA

15 Oktober 2024 | 10:00:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-15T15:22:44Z
Skor akhir pertandingan, cuplikan tayangan RCTI 


Kota Bekasi, MJI.COM - Lanjutan pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Di pertandingan ke-4 CHINA πŸ†š INDONESIA. Pertandingan digelar di Stadion Qingdao, Shandong, China kick-off pukul 19.00 WIB.


CHINA unggul lewat gol yang diciptakan Baihelamu Abuduwaili (21') dan Zhang Yuning (44'). Kehilangan Haye diawal babak pertama sangat berpengaruh, INDONESIA bisa mencetak gol balasan. Thom Haye mencetak gol pada menit ke-86.

Timnas INDONESIA sangat dominan tapi sayang lawan lebih efektif, taktis cara bermainnya.




JALANNYA PERTANDINGAN BABAK PERTAMA 


Awal babak pertama berjalan alot. Timnas Indonesia berhasil mendominasi penguasaan bola di lima menit awal laga, tapi pertahanan China masih sulit ditembus.


Pada menit ke-10 Peluang pertama Witan gagal mengkonversi peluang, didapati Witan Sulaeman berhasil masuk ke kotak penalti tapi disayangkan Witan terjatuh di momen krusial sebelum melakukan penyelesaian.


Hingga menit ke-20, penguasaan bola terbanyak masih dimiliki Indonesia. Tapi tim asuhan Shin Tae Yong mengalami kebuntuan. 

Kemelut terjadi dimenit ke-21 Shayne Pattynama tak membuang bola tanggung berakibat fatal, Shayne sepertinya berharap bola keluar lapangan, tapi Wang Shangyuan berhasil menyodok bola dan membuat bola hidup dalam lapangan permainan.


Bola kemudian jatuh ke Behram Abduweli yang dengan bebas menendang bola di depan gawang Indonesia tanpa mampu diantisipasi kiper Maarten Paes. Unggul sementara 1-0 untuk China.


Pada menit ke-35 sepakan Ivar Jenner masih terlalu lemah dan bisa diamankan oleh kiper China, Wang Dalei.

Wang Dalei melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola hasil sepakan keras Verdonk pada menit ke-40.


Mees Hilgers telat mengcover pemain China berakibat fatal Zhang Yuning lepas dari jebakan offside dan berhasil memenangkan duel satu lawan satu dengan Maarten Paes, gol tercipta dimenit ke-44 menambah selisih gol 2:0 keunggulan timnas CHINA.


Skor sementara 2:0, timnas INDONESIA kebobolan hingga wasit asli Uni Emirat Arab, Omar Al-Ali meniup pluit akhir babak pertama (45+3').



JALANNYA PERTANDINGAN BABAK KEDUA 


Shin Tae-yong, melakukan tiga perubahan pemain menarik keluar Mees Hilgers, Shayne Pattynama, dan Witan Sulaeman. Ketiganya digantikan oleh Thom Haye, Rizky Ridho, dan Marselino Ferdinan.


INDONESIA dominan dalam permainan saat babak kedua berjalan 14 menit dan masih kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya effect dari tangguhnya pertahanan tembok CHINA.


Terlihat pada menit ke-68 usaha Rizky Ridho mengancam gawang China berbuah percuma buah hasil umpan Nathan.


Usaha skuad Garuda pada menit ke-77 Asnawi Mangkualam melakukan percobaan membalas gol, disayangkan sepakan sang kapten INDONESIA itu masih lemah mengarah ke gawang.


Pada menit ke-81 terobosan Nathan dari sudut sempit juga masih melebar, padahal di tengah kotak penalti ada beberapa pemain Indonesia yang sudah menunggu.


Pada akhirnya INDONESIA mampu mencetak gol pada menit ke-86. Berawal dari lemparan ke Pratama Arhan, Thom Haye sukses menjaringkan bola posisi kiper Wang Dalei mati langkah.

Skor sementara berubah menjadi 2:1, memberikan motivasi semangat untuk skuad Garuda INDONESIA.

Sepakan voli Haye dua menit berselang juga belum membuahkan hasil. Bolanya masih melesat jauh.


Laga memasuki injury time, wasit asli Uni Emirat Arab, Omar Al-Ali memberi waktu sembilan menit (90+9'). Hingga laga selesai tak ada gol tambahan, dan inilah kekalahan perdana Timnas INDONESIA dalam pertandingan malam ini 




Kekalahan dari China ini kekalahan dari aspek taktik  sang pelatih Shin Tae-yong.

- China memaksimalkan set-piece mereka

- China memaksimalkan fase transisi, hajar ruang yang tercipta karena Timnas disorganisasi

- Timnas tidak bisa cetak gol dari open play, karena minim variasi dan pertahanan kukuh China.



Klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026


Dengan hasil ini, INDONESIA masih tertahan di posisi kelima klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga Grup C dengan torehan tiga poin. 

Sedangkan CHINA masih ada di posisi terbawah juga dengan raihan poin yang sama, INDONESIA unggul dengan selisih gol.




SUSUNAN PEMAIN:


** CHINA

Wang Dalei (GK), Jiang Guangtai, Gao Zhunyi, Li Lei, Jiang Shenglon; Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Wei Shihao, Xie Wenneng; Zhang Yuning,  B. Abuduwaili

Pelatih: Branko Ivankovic.



** INDONESIA

Maarten Paes; Jay Idzes, Mees Hilgers, Calvin Verdonk, Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama; Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Pelatih: Shin Tae-yong.


×
Berita Terbaru Update