-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Proyek Kontruksi Jalan Rigid Beton Rp 2,9 Milyar PT. Karya Prasya Pratama Diduga Kangkangi Aturan

12 September 2024 | 8:43:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-12T01:43:56Z


Bekasi, Media Jurnal   Investigasi – Pekerjaan proyek pembangunan Jalan Rigit beton yang berlokasi di  Dusun (ll) Desa Lenggah  Sari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. dilaksanakan asal jadi.seorang warga yang enggan menyebutkan namanya menyesalkan  pelaksanaan proyek rigit beton di Lingkungannya Dengan pelaksana PT. KARYA PRASYA PRATAMA senilai Rp.2.919.206.090. 00. Milyar Tahun 2024. Nomor kontrak. PG 02.02/316/Sp/PJl/DSDABMBK, waktu pelaksana 90 hari kalender.


Informasi dan data lapangan atas dugaan proyek asal - asalan tersebut  disoroti sejumlah praktisi LSM Kabupaten Bekasi. dan akan berkoordinasi serta melakukan desakan gelar ulang dari nol kegiatan tersebut. Pelaksanaan peningkatan jalan rigit beton yang di kerjakan  Oleh Rekanan PT. KARYA PRASYA PRATAMA  pembangunanya  dilaksanakan asal jadi.



"Selain  Warga sekitar ada juga beberapa  aktivis menyayangkan adanya kegiatan pembangunan proyek tersebut  yang dikerjakan asal - asalan terkesan seperti kejar tayang karena Sudah habis        waktu masa Kontraknya team Awak media dan LSM  akan melaporkan ke  Dinas terkait dan  PJ Bupati 

Kabupaten Bekasi untuk dapat ditindaklanjuti informasi yang ada.



Aduan kegiatan proyek rigit tersebut, tidak  menggunakan batu Bescos       untuk  dasar rigit.


Sementara ini  Awak  Media    Sudah melayangkan Surat Konfirmasi kepada Kepala   Dinas (Kadin) SUMBER  DAYA AIR  BINA   MARGA dan  BINA    KONTRUKSI Kabupaten Bekasi, melalui komisi (III) dan PJ Bupati Kabupaten Bekasi.namun belum ada yang dapat memberikan penjelasan.


Kepada Awak media Rabu.11 September 2024. tiga orang perwakilan warga sekitar pembangunan jalan  kontruksi rigid beton tersebut yakni warga Dusun    (ll) Desa Lenggah Sari,  Kecamatan Cabangbunngin, kabupaten   bekasi. menyampaikan informasinya serta menyampaikan dokumen foto dan video sejak awal titik nol pelaksanaan proyek kepada pihak LSM, untuk di tindak lanjuti lebih jauh.


Dikesempatan itu, Karang Taruna (Katar) Desa Lenggah Sari, Kecamatan      Cabangbungin Kabupaten  Bekasi. menyesalkan adanya pekerjaan proyek asal jadi tersebut. Pihaknya akan ikut mengawasi sesuai permintaan warganya.


“Jujur saya kecewa dengan hasil kerja yang sudah ada, "semua pekerjaan dilaksanakan asal - asalan. Saya tegas meminta agar kerja yang maksimal jalani sesuai SPEC atau  RAB yang di periñah oleh Dinas,”ujar Ketua  Karang   Taruna.


Dilain pihak, Ketua PAC (Pemuda  Pancasila) Kecamatan Cabangbungin  DEDY menjelaskan, gambaran umum proyek jalan rigid beton itu adalah proyek perkerasan jalan dengan kontruksi diatas tanah dengan pondasi bawah pondasi atas dan lapis permukaan. Fungsi pengerasan jalan (rigid beton atau pavement) adalah untuk memebrikan permukaan rata atau halus bagi pengendara. Dapat didefinisikan sebagai struktur perkerasan yang terdiri dari plat beton yang bersambungan atau plat beton menerus dengan tulangan di atas lapis pondasi bawah, tanpa  pelapis permukaan jalan.


Biasanya dengan ketebalaan 10 CM.untuk Batu Kapur atau makadam 10 Cm.untuk Bescos. 10. Cm.untuk B. NOL.dan Untuk Cor Rigit 25.Cm. sesuai dengan perhitungan perencanaan SPEC. menggunakan lapis pondasi bawah (LPB) 20 CM. Lalu, ada LC (Lean Concrete) yakni lantai kerja untuk pengerasan rigid pavement agar semen tidak meresap ke dalam lapisan bawah. Tebal LC itu, biasanya 10 Cm, dan biasanya terbuat dari beton dengan mutu K100.atau  yang biasa di  bilang  B.NOL.


 “Ini rumusan atau gambaran sederhana atas rigid beton pavement. Yang jadi soal, rigid beton pelaksana PT.KARYA PRSYA PRATAMA  senilai Rp.2,9 Milyar  kalau melihat data foto dan video sejak titik nol pekerjaan, patut dipermasalahkan dan wajar dituding asal jadi, sebab rangka besi dan posisi atau tahap rigid itu, perlu di kroscek ulang dan dilaksanakan dengan benar. Pihaknya juga bersama dengan rèkan Awak Media akan menindaklanjuti hal ini,”tegas DEDY


Dijelaskan juga oleh, Ketua Karang Taruna (Katar) 

Kecamata Cabangbungin, Kabupaten Bekasi


(Udin)

×
Berita Terbaru Update