-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemdes Sukamakmur Gelar Perayaan Sedekah Bumi, Sajikan Wayang Kulit.

27 September 2024 | 3:57:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-27T08:57:49Z


Bekasi-Jurnal Investigasi Com. Pemerintah Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, menggelar perayaan Sedekah Bumi yang berlangsung sangat meriah bertempat di pintu air Kali Caringin, pada Kamis (26/9/2024).


Perayaan ini ditandai dengan pagelaran Wayang Kulit yang dipimpin oleh Dalang Lukman Inan S. dari grup Sinar Pusaka Jaya Lukman, menampilkan lakon "Sri Mulih" dan "Wahyu Katentreman". Cerita yang dibawakan penuh dengan nilai moral dan pesan luhur, sekaligus untuk menghibur bagi seluruh warga masyarakat Desa Sukamakmur yang hadir.



Kepala Desa Sukamakmur, Wawan Kurniawan, mengatakan bahwa acara ini tidak hanya menjadi hiburan bagi warga, tetapi juga berperan sebagai sarana pelestarian budaya. 


“Pagelaran Wayang kulit ini merupakan upaya kita melestarikan tradisi dan mempererat kebersamaan warga. Sedekah Bumi adalah wujud rasa syukur atas berkah yang diberikan Tuhan, sekaligus pengingat untuk terus menjaga warisan budaya,"kata Wawan Kurniawan.


Ia pun menjelaskan, selain pagelaran budaya, acara ini sebelumnya  juga diisi dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, 1446 Hijriah dan pemberian santunan kepada anak yatim-piatu, yang dilaksanakan di pagi hari.


"Tradisi penanaman kepala Kerbau di bendungan pintu air Kali Caringin juga dilakukan sebagai simbol syukur atas hasil bumi yang melimpah dan harapan keberkahan di masa mendatang,"ujarnya.


Perayaan ini disambut antusias, lanjut Wawan Kurniawan, oleh warga Desa Sukamakmur yang berharap kegiatan serupa terus dilaksanakan setiap tahun sebagai bagian dari pelestarian kekayaan budaya lokal. “Wayang kulit ini tidak hanya hiburan, tetapi juga sarana pembelajaran bagi generasi muda agar memahami dan mencintai budaya leluhur.



"Perayaan Sedekah Bumi ini telah menjadi momentum penting bagi masyarakat Desa Sukamakmur untuk memperkokoh kebersamaan dan menjaga nilai-nilai budaya yang sudah diwariskan sejak lama," pungkasnya.


Acara yang kental dengan nuansa budaya itu dihadiri oleh ratusan warga setempat, serta berbagai tokoh penting seperti Kepala Desa Sukamakmur, Wawan Kurniawan,  perangkat desa, RT/RW, Binmaspol, Babinsa, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Sukamakmur.


(Iyus Kastelo)

×
Berita Terbaru Update