-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaatkan Potensi Alam, Karang Taruna Desa Leggah Sari Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar

22 September 2024 | 1:35:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-22T06:35:14Z

 


Bekasi, Media Jurnal Investigasi - Memanfaatkan potensi alam yang dimiliki desa, Karang Taruna Desa Lenggah Sari Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. mengembangkan budidaya ikan air tawar. Sekaligus untuk pengembangan wisata desa.


Nalim, tokoh pemuda Karang Taruna Desa Lenggah Sari mengungkapkan, Desa Lenggah Sari memiliki mata air atau disebut Long Stroge yang luasnya kurang lebih 3000mt.memanjang tersebut sudah lama tidak terpakai. Padahal pasokan air pompa cukup melimpah.


“Dari situlah muncul ide dari Karang Taruna untuk membuat usaha ekonomi desa dengan budidaya ikan air tawar dan wisata,” ujarnya kepada Jurnal Investigasi. Minggu 22/9/2024.



Inisiatif dan ide tersebut mendapat dukungan dari pemerintah Desa Lenggah  Sari dan Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi

Provinsi Jawa Barat.


“Dinas Perikanan akan  memberikan bibit ikan. Di antaranya ikan Mujaer, Nila,  Tawes, Lele dan Gurameh,” ungkapnya.


Bantuan tersebut, menurutnya, bentuk  dukungan nyata yang harus diapresiasi. “Ini bentuk sinergi yang baik antara Karang Taruna Desa Lenggah Sari dengan pemerintah kabupaten dan provinsi. Terutama pemerintah desa, sehingga permasalahan yang ada di lokasi bisa diselesaikan bersama,” ujarnya


Di sekitar Desa Lenggah   Sari belum ada yang berhasil mengelola ternak  ikan. Dan, program budidaya ikan air tawar ini yang pertama. “Makan Ikan itu sehat dan enak. Apalagi masyarakat pedesaan suka dengan makan ikan. Jadi ke depannya pangsa pasar luas.”


Tidak hanya budidaya ikan air tawar, Karang Taruna desa Lenggah Sari mempunyai program wisata. “kebun di sisi Long    Stroge. Itu Sudah siap,” ungkap 

Nalim.

Sementara itu Kepala Desa Lenggah  Sari mengatakan Karang Taruna harus kreatif dan produktif serta harus mampu mendorong ekonomi desa. “Karena itu kami mendukung pengembangan budidaya ikan air tawar. 



(Udin).

×
Berita Terbaru Update