-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka gelar lomba Gerakan Literasi Orang Majalengka (Gelora)

12 September 2024 | 8:40:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-12T01:40:47Z


Majalengka,Media Jurnal Investigasi-Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka menggelar lomba Gerakan Literasi Orang Majalengka (Gelora) bertempat di Aula Disdik Majalengka, pada Rabu (11/06/2024). Kegiatan lomba Gelora ini menjadi inovasi jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka dalam merealisasikan dan mensukseskan kurikulum merdeka belajar. Sedangkan hasil akhir yang diharapkan dari Literasi Program Kurikulum Merdeka Belajar ini adalah lahirnya profil pelajar atau siswa yang ber pancasila.


Plt. Kadisdik Kabupaten Majalengka, H. Umar Ma'ruf, S.Sos, M.Si, dalam kesempatan itu menyampaikan untuk menciptakan profil pelajar pancasila ini pemerintah secara nasional telah menyiapkan program kurikulum merdeka belajar baik itu untuk para guru, tenaga kependidikan dan juga untuk siswa atau pelajar untuk semua tingkatan mulai dari tingkat Paud, Kober, TK, PKBM, SKB, Sekolah Dasar (SD) dan juga SMP sesuai kewenangan dari pemerintah daerah melalui Disdik Kabupaten Majalengka, ujarnya.



Umar mengharapkan Program Gelora ini tidak hanya diterapkan dilingkungan satuan dinas pendidikan saja akan tetapi bisa diterapkan dan dibumingkan ditingkat desa/kelurahan maupun tingkat kecamatan dengan melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Majalengka, ujarnya. Hal itu menurutnya sangat penting dilakukan untuk meningkatkan minat membaca dari masyarakat yang saat ini dinilai masih tergolong rendah. 


Pencapaian kesuksesan dari kurikulum merdeka belajar salah satunya melalui lomba Gelora yang saat ini diadakan Disdik Majalengka, katanya. Keberhasilan dari kurikulum merdeka belajar tidak hanya bertumpu pada kesuksesan belajar membaca, menulis dan menghitung saja akan tetapi pada keberhasilan pada kemampuan yang lebih dalam berkarakter. Kegiatan lomba Gelora ini juga diharapkan agar para siswa mampu berkreasi, berinovasi serta mampu berekpresi dalam menghasilkan karya dan prestasi dalam lomba tersebut, papar Umar.


Kegiatan lomba Gelora yang diikuti perwakilan tingkat pelajar SD dan SMP yang telah lolos menjadi Duta Literasi Kecamatan nantinya akan diikut sertakan untuk mengikuti lomba Gelora tingkat kabupaten untuk menjadi Duta Literasi Kabupaten Majalengka. Kegiatan lomba Gelora ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi semua pihak dalam mensukseskan kurikulum merdeka belajar di Majalengka, pungkas Umar.


Pembukaan lomba Gelora Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka juga  dihadiri PJ. Bupati Majalengka, Dr. H. Dedi Supandi, yang mengapresiasi dan mendukung penuh terhadap program tersebut.

Ganjar 

×
Berita Terbaru Update