-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sebulan Tidak Adanya Pasokan Air Tanaman Padi Kekeringan

05 Agustus 2024 | 8:41:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-05T13:53:48Z


Bekasi,Media Jurnal Investigasi-Sudah satu bulan tanaman padi mengalami kekeringan terancam gagal tanam, yang berlokasi di Kampung Balong Rini Desa Sukabakti Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. 


Aman (65) salah satu petani padi yang mempunyai lahan sawah seluas satu hektar sawah, ia menuturkan bahwa sudah satu bulan lamanya tanaman padinya mengalami kekeringan akibat tidak turun hujan sungai kali Balong Rini pun mengalami kekeringan. Sehingga tidak adanya pasokan air yang mengalir kelahan sawahnya.


"Sudah satu bulan tanaman padi saya kekeringan pak, akibat gak ada hujan dan kali nya pun kering,"kata Aman kepada Jurnal Investigasi Com. Selasa  (05/08/2024).


Ia pun sudah berkali-kali bersama para petani lainnya, melakukan goloran membersihkan sampah dan mengangkat lumpur di sepanjang saluran yang mengarah ke kali Balong Rini agar mendapatkan pasokan air dari hulu. 




"Yah gimana lagi bang kita berusaha ya sudah, karna pasokan air dari hulunya sedikit ya gimana mau sampe kesini,"ucapnya.


Ia pun berharap kepada dinas terkait  agar Kali Balong Rini di Normalisasi kembali agar tidak lagi mengalami kekeringan. Menurut ia Normalisasi pada tahun kemarin di 2023. hasilnya kurang bagus lumpur yang sudah di angkat oleh alat berat excavator/Beko, itu pada gempar kebawah akibatnya kali Balong Rini kembali dangkal.


"Saya berharap kepada dinas terkait agar kali Balong Rini di Normalisasi kembali. Gimana air mau ada orang kalinya aja dangkal,"harapnya.


Sementara itu,  Ade Arif selaku kasi di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten. Saat dikirimi Vidio lahan sawah yang kekeringan melalui pesan Via WhatsApp, diri nya mengatakan. Untuk jangka pendek , semoga bantuan pompa ada lagi.

 

"Segera akan ada bantuan pompa lagi dari Kementerian Pertanian,"katanya.


Diminta kepada Dinas pertanian, beserta Dinas Sumberdaya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) segera melakukan monitoring dan memberikan solusi atau tindakan agar para petani tidak lagi mengalami gagal tanam atau gagal panen pada saat  musim kemarau.


(Iyus Kastelo)

×
Berita Terbaru Update