-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar imbau Keselamatan berlayar bagi Nahkoda Kapal dan ABK

06 Agustus 2024 | 6:36:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-06T12:51:17Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Dalam menjalin silahturahmi serta lebih mendekatkan diri dengan Masyarakat khususnya para Nahkoda Kapal dan ABK, adalah merupakan salah satu tugas rutin dari Personel Satuan Polair untuk bisa membina, mengarahkan, membimbing serta menyampaikan informasi penting terkait Kamtibmas di perairan.


Sehingga untuk menindaklanjutinya sesuai dengan arahan serta penekanan Pimpinan, Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar terus aktif hadir dan menjalin komunikasi dengan Masyarakat pesisir, para Nelayan maupun Nahkoda Kapal. Guna menyerap informasi yang berkembang serta memberikan binluh dan Himbauan Kamtibmas perairan agar terciptanya situasi perairan yang aman dan kondusif.


Adapun kegiatan Sambang dan Bacarita Basudara Manise yang digelar Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar secara rutin ini dengan menyasar pada Nahkoda Kapal dan ABK hingga Masyarakat Pesisir Pantai yang berlokasi di Pelabuhan Rakyat, pasar Kenangan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (06/08/24).


Pada kesempatan itu, beberapa hal terkait Kamtibmas, Himbauan Keselamatan serta larangan membawa miras maupun obat-obatan terlarang hingga himbauan terkait larangan menggunakan bahan peledak sebagai alat untuk menangkap ikan pun disampaikan oleh Petugas Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar.


Disela-sela memberikan Himbauan, Petugas juga melakukan pengecekan terhadap kelengkapan berkas kapal yang harus dilengkapi oleh kapal angkutan penumpang maupun barang. Sekaligus Petugas pun tutur memeriksa kelengkapan alat keselamatan hingga kelaikan kapal untuk berlayar.


Selain itu, kaitan dengan segala kesiapan menyambut Pilkada serentak Tahun 2024, Petugas pun mengajak Nahkoda Kapal dan ABK untuk ikut serta bekerjasama dengan Kepolisian setempat untuk dapat menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah Masyarakat. Hindari rasa perpecahan dan jalin rasa silaturahmi dengan sesama, namun apabila mengalami kendala atau menemukan hal-hal yang mencurigakan agar segera dilaporkan pada Pos Polisi terdekat.


Di Tempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Polairud Ipda REIMAL F. PATY menyatakan, Kegiatan yang rutin dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk upaya Kami Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar untuk terus membina, mengarahkan, membimbing serta menyampaikan informasi penting terkait Kamtibmas baik itu kepada Masyarakat Pesisir, para Nelayan maupun Nahkoda Kapal dan ABK, pada Wilayah Hukum perairan Polres Kepulauan Tanimbar.


"Tentunya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya dan komitmen Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat, dengan harapan keamanan, Kondusifitas hingga keselamatan dapat selalu tercipta” ungkapnya.


Lebih lanjut Ipda REIMAL juga berharap agar kelaikan kapal, kelengkapan alat keselamatan, hingga barang yang diangkut diatas Kapal dapat terus menjadi perhatian bagi Nahkoda Kapal maupun ABK saat berlayar, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Demi keselamatan dan keamanan saat berlayar di perairan, tentunya Kami berkomitmen untuk terus hadir secara rutin memberikan Himbauan maupun edukasi lewat Bacarita Basudara Manise.

×
Berita Terbaru Update