-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Simulasi Sispamkota jelang Pilkada serentak 2024

27 Agustus 2024 | 6:16:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-26T23:16:47Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Guna memastikan kesiapan Personel dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).


Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) tersebut dilaksanakan seusai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku 2024 yang berlangsung di bandara lama pada Desa Olilit Raya, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (26/08/24).


Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., dan turut dihadiri oleh Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, DR. ALWIYAH FADLUN ALAYDRUS, SH, MH., Forkopimda maupun Perwakilan, Plt Sekda, Asisten 1 pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pimpinan OPD, Instansi Vertikal, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat hingga tamu undangan lainnya.


Adapun tujuan dari Pelaksanaan Simulasi Sispamkota ini untuk memastikan kesiapan Personel Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada serentak 2024 berlangsung hingga selesai, khususnya Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Terpantau pada lokasi, peragaan Simulasi yang digelar melibatkan berbagai skenario yang dilakukan oleh Personel Polres Kepulauan Tanimbar bersama Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor, diantaranya Parade Kendaraan, Pendaftaran pasangan Calon, Tahapan Pengamanan Kampanye, proses pengamanan pasangan calon dalam Rangka tahapan Kampanye, Pendistribusian Logistik Pemilu, pengamanan Proses pemungutan hingga penghitungan suara di TPS.


Dilanjutkan dengan skenario penanganan aksi unjuk rasa hingga penanggulangan konflik yang mungkin saja timbul pasca pemungutan suara. Setiap skenario yang diperagakan oleh Personel tentunya dilakukan dengan profesional dengan mengedepankan pendekatan humanis, namun tegas dan terukur dalam menjalankan tugas pengamanan.


Sementara itu di sela-sela kegiatan, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasi Humas mengatakan, peragaan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) ini digelar untuk mengetahui skema pengamanan yang sesuai dengan aturan, serta memberikan gambaran kepada Masyarakat terkait pola pengamanan dan kesiapan Polri khususnya Polres Kepulauan Tanimbar untuk mengantisipasi terjadinya konflik.


"Hal ini sangat penting untuk dilakukan, tentunya sebagai upaya untuk menyiapkan seluruh komponen Personel maupun peralatan apabila situasi dan kondisi sangat membutuhkan” jelasnya.


Lebih lanjut Kasi Humas mengungkapkan bahwa, Pentingnya untuk mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam langkah-langkah yang akan diambil. Hal ini termasuk memastikan bahwa tindakan yang diambil harus sesuai dengan aturan hukum yang berlaku bagi Personel Polri, khususnya Polres Kepulauan Tanimbar dalam rangka mengendalikan situasi yang dapat mengganggu Kamtibmas.


Lewat Simulasi Sispam Kota ini, Kami (Polri) berkomitmen untuk memastikan proses tahapan Pemilihan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan keamanan” tutupnya. (*)

×
Berita Terbaru Update