-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dengar aspirasi Masyarakat, Wakapolres Kepulauan Tanimbar pimpin Jumat Curhat di Desa Amdasa

02 Agustus 2024 | 8:42:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-02T13:42:08Z



Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Demi meningkatkan sinergi dan komunikasi antara Kepolisian dengan seluruh elemen Masyarakat guna terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif, Polres Kepulauan Tanimbar kembali menggelar program yang bertajuk Jumat Curhat.


Dengan dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., yang diwakili Wakapolres Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., kegiatan ini turut diikuti oleh para Kasat, Kapolsek hingga Personel Staf dan Polsek Wertamrian, yang berlangsung di Desa Amdasa, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (02/08/24).


Kedatangan Wakapolres Kepulauan Tanimbar bersama para rombongan tersebut disambut hangat oleh Kepala Desa Amdasa yang ditandai dengan pengalungan Syal Tenun ikat Tanimbar sebagai bentuk tradisi penyambutan, serta dihadiri oleh para Staf Pemerintah Desa, Tokoh Agama, para Tokoh Adat, Tokoh Pemuda hingga para Tokoh Masyarakat, sembari duduk bersama di Gedung Rapat SD Naskat St. Alowisus, Desa Amdasa.


Mengawali sambutannya, Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., menyampaikan permohonan maaf dari Bpk. Kapolres atas ketidakhadiran beliau dalam giat Jumat Curhat ini, dikarenakan sedang mengikuti kegiatan lainnya pada Polda Maluku. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pihak Pemerintah hingga seluruh elemen Masyarakat yang hadir karena telah menyambut dan menerima dengan baik kedatangan Kami (Polri) dalam menggelar program Jumat Curhat ini.


Lebih lanjut Wakapolres menjelaskan, tujuan dari dilaksanakannya program yang bertajuk Jumat Curhat ini dalam rangka untuk peningkatan kualitas pelayanan Polri agar lebih baik lagi dengan cara selalu hadir di tengah-tengah Masyarakat untuk mendengar curhatan, keluh kesah serta menyampaikan pesan atau informasi terkait Kamtibmas dari Masyarakat sehingga dapat bersama-sama mencari solusi guna terciptanya situasi di Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang aman, nyaman dan kondusif khususnya di Desa Amdasa.


“Tentunya program ini Kami gelar secara rutin pada hari Jumat selama Minggu berjalan secara berkeliling di semua Wilayah yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk mendengar langsung aspirasi Masyarakat terkait keluhan hingga kritikan serta masukan kepada Polri” ungkap Wakapolres.


Selain itu, Wakapolres pun berkesempatan untuk memberikan Imbauan dan pesan yang berkaitan dengan Harkamtibmas. Menurut Orang nomor dua pada Polres Kepulauan Tanimbar tersebut bahwa, pentingnya peran dan dukungan dari seluruh elemen Masyarakat dalam memastikan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, mengingat keamanan dan ketertiban bukan hanya milik aparat keamanan saja namun milik kita bersama dalam mewujudkan Harkamtibmas yang kondusif.


Masyarakat yang hadir pun diberikan pemahaman Hukum hingga pencegahan terhadap tindak kriminalitas yang sangat meresahkan Masyarakat di lingkungan. Salah satunya yaitu pencegahan terhadap peredaran miras tradisional berupa sopi, mengingat setiap konflik yang timbul dan dilaporkan pada Kepolisian sebagian besar ditimbulkan akibat mengkonsumsi sopi.


“Waspadai segala bentuk tindak kejahatan. Apabila melihat maupun mengetahui adanya gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan agar segera dilaporkan pada 3 pilar yang berada di Desa dalam hal ini Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Oleh sebab itu, diharapkan 3 pilar ini dapat berperan aktif di Desa dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat” pungkasnya.


Saat ini sudah memasuki tahapan Pilkada, sehingga sebelum menutup sambutannya Wakapolres mengajak Masyarakat untuk Lebih teliti dan cermat dalam menilai informasi yang kebenarannya belum dapat dipastikan. Tolak segala bentuk Money Politik, Black Campaign hingga isu negatif yang berisi hasutan dan kebencian yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan demi meraih kekuasaan.


“Waspadai adu domba dan hindari ajakan serta bujukan yang dapat memicu terjadinya gangguan Kamtibmas yang dapat menimbulkan tindak pidana. Kita memiliki hak dalam memilih, meskipun berbeda pilihan namun kita tetap satu dalam kesatuan. Mari kita jaga Kondusifitas jelang Pilkada serentak Tahun 2024, sehingga keamanan, kedamaian dan kesejukan dapat selalu tercipta” tutupnya.


Sambil ngobrol santai, Wakapolres pun membuka ruang tanya jawab serta masukan dari Masyarakat tentang pelaksanaan tugas Kepolisian hingga permasalahan yang berkaitan dengan situasi Kamtibmas pada Wilayah tersebut, bahkan tentang apapun yang menjadi curhatan Masyarakat. Lanjutnya, Masyarakat pun memanfaatkan giat ini dengan menyampaikan berbagai aspirasi dan pertanyaan seputar Kamtibmas.


Menanggapi beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh Masyarakat, Wakapolres bersama para Kasat hingga Staf yang hadir mampu menjawab dengan memberikan penjelasan dan solusi yang komprehensif. Lebih lanjut Masyarakat pun memberikan respon positif terhadap kegiatan Jumat Curhat ini, mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakapolres bersama rombongan atas kunjungan lewat kegiatan ini. (Bayu)

×
Berita Terbaru Update