-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Cek kelengkapan kapal, Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar sambangi Nahkoda Kapal dan ABK

28 Agustus 2024 | 7:49:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-28T00:49:15Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Guna membangun kesadaran serta partisipasi Masyarakat terhadap Kamtibmas khususnya pada Wilayah Pesisir, Satpolair Polres Kepulauan Tanimbar tingkatkan giat Sambang melalui giat Bacarita Basudara Manise kepada para Nahkoda Kapal dan ABK.


Adapun Kegiatan yang rutin dilakukan oleh Personel Satuan Polairud Polres Kepulauan Tanimbar tersebut, yang berlokasi pada Pelabuhan Rakyat Pasar Kenangan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (27/08/24).


Dalam kunjungan yang dilakukan terhadap para Nahkoda Kapal beserta ABK, nampak terlihat Petugas memeriksa alat keselamatan hingga kelengkapan administrasi kapal. Di Sela-sela kegiatan tersebut, mereka diimbau untuk tetap memperhatikan kelayakan dan kapasitas Kapal ketika ingin berlayar serta selalu mewaspadai cuaca buruk.


Berkaitan dengan Pidana maupun pelanggaran administrasi, sehingga Petugas pun menghimbau kepada Nahkoda Kapal dan ABK untuk tidak membawa barang ilegal seperti obat-obat terlarang/ narkotika, minuman keras dan barang ilegal lainnya yang diangkut dengan kapal serta tidak menggunakan bahan peledak sebagai alat untuk menangkap ikan, karena hal itu merupakan pelanggaran Pidana.


Tak hanya itu, Petugas Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar pun menghimbau kepada para Nahkoda Kapal dan ABK terkait segala kesiapan menyambut Pemilihan Kepala Daerah dalam menciptakan kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah-tengah Masyarakat.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Polairud Ipda REIMAL F. PATY mengungkapkan, giat Sambang melalui Bacarita Basudara Manise yang dilaksanakan secara rutin ini tentunya sebagai upaya Polri untuk menangkal dan mencegah, serta melakukan pengawasan guna mengantisipasi segala potensi kerawanan terhadap gangguan Kamtibmas yang ada di pesisir Wilayah hukum Perairan Polres Kepulauan Tanimbar.


“Kegiatan ini pun dilakukan untuk menyampaikan Himbauan kepada para Nahkoda Kapal dan ABK terkait pentingnya keselamatan dalam berlayar maupun kelengkapan surat kapal demi mencegah terjadinya tindak pidana maupun kecelakaan di laut” jelasnya.


Lebih lanjut Kasat Polair menyebut, pihaknya akan secara rutin dan terus menggalakkan kegiatan Patroli Perairan dan Sambang kepada Warga yaitu melalui Bacarita Basudara Manise. Hal ini dilakukan demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya pada Wilayah Perairan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (*)

×
Berita Terbaru Update