-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ajak Warga jaga Kamtibmas jelang Pilkada, Kapolres Kepulauan Tanimbar pimpin Jumat Curhat

30 Agustus 2024 | 9:19:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-30T14:19:32Z

 


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Sebagai upaya untuk menyerap secara langsung keluhan serta saran dan masukan dari Masyarakat, Polres Kepulauan Tanimbar menggelar giat Jumat Curhat pada Pangkalan Ojek yang berlokasi di Pasar Omele Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (30/08/24).


Dengan tema, Polres Kepulauan Tanimbar wujudkan Polisi Keselibur (Polisi Sahabat Masyarakat) ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., dan didampingi para Kasat, Perwira Staf dan Personel. Tentunya dengan menghadirkan para Komunitas Ojek maupun Tokoh Pemuda.


Pada agenda Jumat Curhat yang digelar Polres Kepulauan Tanimbar bersama Polsek jajaran ini tentunya dikemas dengan berbagai inovasi. Ada yang menggelar nongkrong bersama Warga, Sambangi Warga, ada pula yang memanfaatkan fasilitas umum seperti Pasar, Warung bahkan pada tempat-tempat Ibadah seperti Masjid maupun Gereja.


Pelaksanaan Jumat Curhat sendiri merupakan agenda rutin mingguan yang dilaksanakan setiap hari Jumat sebagai penjabaran dari Program Beyond Trust Presisi Polri, sekaligus menerapkan Program Kapolda maluku yakni Program Basudara Manise, dalam rangka untuk meningkatkan Kinerja Kepolisian dan kepercayaan Masyarakat terhadap Polri serta menyerap informasi yang berkembang ditengah-tengah Masyarakat.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., pada kesempatan itu menyampaikan bahwa, tujuan dari dilaksanakannya program bertajuk Jumat curhat ini untuk mendengar keluhan terkait situasi Kamtibmas yang berkembang sekaligus menerima saran dan masukan dari Masyarakat kepada Polri. Hal ini tentunya dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja Polri kedepan agar dapat lebih baik lagi.


“Berkaitan dengan Kinerja anggota Polres Kepulauan Tanimbar maupun Polsek, apabila ada yang melakukan perbuatan tercela agar segera dilaporkan kepada Propam maupun kepada Saya, sehingga dapat segera mengambil tindakan” ucap Kapolres.


Lebih lanjut AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., pun mengungkapkan terkait dengan permasalahan atau saran dan masukan kepada kami pihak Polres Kepulauan Tanimbar dapat mengakomodir, akan tetapi yang bukan kewenangan kami serta berkaitan dengan instansi lain, kami hanya dapat membantu untuk dikomunikasikan.


Selain itu, Kapolres menghimbau untuk jaga Kamtibmas jelang Pilkada serentak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta fanatisme Agama jangan dijadikan sebagai ajang permusuhan, sama-sama saling mengawasi dalam Money Politik, Ia pun mengajak Masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan meskipun berbeda pilihan.


Dalam menghadapi Program Strategis Nasional Blok Masela, Kapolres berpesan kepada Masyarakat untuk terus melakukan inovasi sehingga dapat memanfaatkan kemampuan dan skil serta tidak ketinggalan. Kapolres pun menegaskan untuk terus bekerja dan jangan terlena dengan tradisi mengkonsumsi minuman keras tradisional berupa Sopi, hal itu tak hanya tidak memberi manfaat namun juga dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.


“Apabila terjadi permasalahan agar dapat berkomunikasi dengan baik kalo bisa melibatkan Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Mari kita bersepakat untuk menyukseskan Pilkada tahun ini dengan damai dan sejuk” tutupnya.


Kegiatan Jumat Curhat ini pun berlangsung dengan santai dan penuh keakraban, serta diisi dialog interaktif bersama Warga yang hadir sambil menerima langsung curhatan terkait situasi Kamtibmas yang berkembang ditengah-tengah Masyarakat.


Ada beberapa hal yang disampaikan menjadi keluhan serta masukan dari Masyarakat terkait dengan dampak baik maupun buruk terhadap situasi Kamtibmas. Sebagai Kapolres, sudah tentu untuk menerima dan menjawab apa yang menjadi keluhan dan masukan dari Masyarakat sehingga bisa dengan segera untuk ditindaklanjuti maupun mencari jalan keluar.


Penutup kegiatan, Kapolres berharap, melalui komunikasi dalam kegiatan Jumat Curhat ini sehingga dapat terjalinnya hubungan yang baik antara Polri dan seluruh elemen Masyarakat, serta mampu menyerap aspirasi dan menekan potensi gangguan Kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada umumnya dan di Desa Manglusi khususnya. Kegiatan pun berlangsung dengan aman dan lancar serta ditutup dengan foto bersama. (*)

×
Berita Terbaru Update