-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan kewaspadaan, Sipropam Polres Kepulauan Tanimbar rutin cek ruang beserta tahanan

28 Juli 2024 | 10:12:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-28T15:22:43Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap Tahanan, Piket Sipropam Polres Kepulauan Tanimbar lakukan pengecekan dan kontrol tahanan pada Rumah Tahanan Mapolres Kepulauan Tanimbar secara rutin, Sabtu (27/07/24) malam.


Cek dan kontrol yang rutin serta intensif ini terus dilakukan oleh Seksi Propam Polres Kepulauan Tanimbar dan dilaksanakan seusai pelaksanaan serah terima jaga baik siang maupun pada malam hari, guna memastikan keamanan di dalam ruang tahanan, mengantisipasi tahanan kabur, mengecek jumlah hingga kondisi  kesehatan para tahanan.


Adapun cek dan kontrol tahanan yang dilakukan oleh Sipropam pada malam hari ini difokuskan pada kondisi pintu, gembok, ruang tahanan, jumlah tahanan, barang berbahaya di dalam ruang Tahanan hingga kesiapsiagaan Petugas jaga tahanan dalam melaksanakan tugas jaga tahanan.


Selain melaksanakan cek dan kontrol tahanan, Piket Propam juga mengecek kehadiran Personel Jaga Tahanan, cek buku mutasi hingga kesiapsiagaan Personel dalam melaksanakan tugas jaga tahanan. Dari hasil pengecekkan dan kontrol tersebut, jumlah tahanan lengkap, keseluruhan tahanan tidak ada yang sakit, serta tidak terdapat benda-benda yang dilarang berada di dalam Sel.


Sembari melaksanakan pengecekan terhadap Tahanan maupun Petugas jaga Tahanan, Piket Propam pun turut memberikan pembinaan kepada para Tahanan agar mereka merasa terayomi sehingga kelak dapat berubah menjadi orang yang lebih baik dan bisa kembali diterima di Masyarakat.


Sementara itu di tempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasi Propam Ipda S. METANTOMWATE mengatakan, meskipun pengecekan sudah dilakukan setiap hari secara berkala oleh petugas jaga tahanan secara rutin, namun upaya ini harus tetap dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap para Tahanan serta mengingatkan kembali kepada Petugas Jaga agar selalu siap siaga terhadap pengamanan Internal khususnya terhadap para Tahanan di malam hari.


“Saat melaksanakan tugas jaga agar diatur jam istirahatnya saat jam rawan. Adakan pemantauan seluruh tahanan dan pastikan jumlah tahanan masih tetap sama hingga kondisi kesehatan” pungkasnya.


Kasi Propam pun mengingatkan kepada Piket yang melaksanakan tugas jaga agar segera melaporkan apabila terdapat Tahanan yang sakit, sehingga dapat segera ditangani oleh Tim Medis. Selain itu, terhadap penjenguknya agar tetap dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan, guna menghindari adanya pelanggaran sehingga tugas yang kita laksanakan dapat berjalan dengan aman dan lancar. (Bayu)

×
Berita Terbaru Update