-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sambangi Warga Nelayan, Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar berikan Imbauan dan pesan Kamtibmas

30 Juli 2024 | 5:51:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-30T10:51:27Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Guna meningkatkan peran serta Masyarakat dalam menciptakan Kamtibmas utamanya di wilayah pesisir dan perairan, Kepolisian terus aktif dan rutin melaksanakan giat sambang bagi para Nahkoda Kapal, ABK hingga Warga yang berprofesi sebagai Nelayan.


Seperti yang terlihat dilakukan oleh Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Bacarita Basudara Manise dengan menyambangi Warga yang berprofesi sebagai Nelayan di Pangkalan Nelayan pengeringan Pasar Kenangan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (30/07/24).


Sembari memeriksa dokumen hingga mengecek barang yang dibawa diatas Kapal, Petugas Sat Polair pada kesempatan itu menyampaikan beberapa imbauan dan pesan penting kepada para Nelayan untuk selalu memperhatikan faktor kesehatan, keamanan dan keselamatan jiwa saat bekerja menangkap ikan, yaitu dengan Melengkapi alat-alat keselamatan pelayaran seperti Life jacket maupun Pelampung.


Tak hanya itu, Petugas pun menyampaikan sosialisasi tentang larangan merusak lingkungan pada saat menangkap ikan di Laut, yang salah satunya yaitu tidak menggunakan bahan peledak. Hal ini tentunya dilakukan sebagai kegiatan dalam membangun dan menginternalisasi budaya untuk menjaga keanekaragaman laut.


Tak kalah penting, Petugas pun menghimbau agar tidak membawa barang-barang ilegal seperti obat-obatan terlarang diantaranya narkotika, minuman keras maupun barang ilegal lainnya yang diangkut diatas Kapal, serta tetap memperhatikan kondisi cuaca hingga kelayakan dan kapasitas muatan diatas Kapal pada saat melaut.


Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Polairud Ipda REIMAL F, PATTY mengatakan bahwa kegiatan yang rutin dilaksanakan ini merupakan upaya Polri lewat Satuan Polair untuk terus membina, menghimbau, mengarahkan serta memberikan bimbingan sekaligus menyampaikan informasi tentang Kamtibmas, baik kepada para Nahkoda Kapal, ABK, para Nelayan maupun Masyarakat di Wilayah Pesisir.


“Kegiatan ini merupakan komitmen kami untuk terus secara rutin menggalakan kegiatan sambang melalui program Bacarita Basudara Manise. Hal ini tentunya dilakukan demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya di Wilayah Perairan” jelas Kasat. (*)

×
Berita Terbaru Update