-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sambangi para Nahkoda Kapal dan ABK, Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar gelar Bacarita Basudara Manise

06 Juli 2024 | 5:31:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-06T10:31:38Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Dalam rangka membangun kesadaran serta partisipasi Masyarakat terhadap Kamtibmas khususnya pada Wilayah Pesisir, Satpolairud Polres Kepulauan Tanimbar rutin laksanakan Sambang melalui giat Bacarita Basudara Manise kepada Nahkoda Kapal dan ABK.


Sambang melalui Bacarita Basudara Manise yang rutin dilakukan oleh Personil Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar tersebut, bertempat di Pelabuhan Rakyat Pasar Kenangan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (06/07/24).


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Polairud Ipda REIMAL F. PATY mengatakan, giat Sambang pada Perairan melalui Bacarita Basudara Manise yang dilaksanakan secara rutin ini tentunya sebagai upaya Polri untuk dapat menangkal dan mencegah, serta melakukan pengawasan dan mengantisipasi segala potensi kerawanan gangguan Kamtibmas yang ada di pesisir Wilayah hukum Perairan Polres Kepulauan Tanimbar.


“Kegiatan ini pun sekaligus untuk menyampaikan Himbauan kepada para Nahkoda Kapal dan ABK terkait pentingnya keselamatan dalam berlayar maupun kelengkapan surat kapal demi mencegah terjadinya tindak pidana hingga kecelakaan di laut” sambungnya.


Lebih lanjut, Ipda REIMAL F. PATY mengungkapkan bahwa, pihaknya akan secara rutin dan terus menggalakkan kegiatan Patroli Perairan dan Sambang kepada Warga yaitu melalui Bacarita Basudara Manise, demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya pada Wilayah Perairan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Sementara itu dalam kunjungannya, Personil Sat Polairud menghimbau kepada para Nahkoda Kapal dan ABK agar mewaspadai angin kencang disertai gelombang tinggi yang diakibatkan karena cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini. Petugas pun berpesan untuk terus memantau prakiraan cuaca pada BMKG sebelum melakukan Pelayaran.


Petugas Kepolisian Sat Polairud menghimbau kepada Nahkoda kapal dan ABK agar tetap memperhatikan kelayakan dan kapasitas kapal ketika ingin berlayar, serta selalu waspadai cuaca buruk dan sangat penting diharapkan untuk selalu melengkapi alat- alat keselamatan diatas Kapal salah satunya yaitu Life jacket.


Para Nahkoda Kapal dan ABK pun diimbau terkait dengan Pidana dan pelanggaran administrasi untuk tidak membawa barang ilegal seperti obat-obat terlarang/ narkotika, minuman keras dan barang ilegal lainnya yang diangkut dengan kapal, serta tidak menggunakan bahan peledak sebagai alat untuk menangkap ikan, karena hal itu merupakan pelanggaran Pidana.


Selain itu, Petugas Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar juga menyampaikan untuk tidak segan-segan memberikan informasi kepada Kepolisian secara langsung apabila melihat maupun mengetahui tentang potensi gangguan maupun terjadinya tindak pidana, sehingga dapat segera ditindaklanjuti.


Kehadiran Petugas Kepolisian khususnya Personil Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar tersebut pun disambut baik oleh para Nahkoda kapal beserta ABK. Mereka memberikan apresiasi dengan menyampaikan ucapan terima kasih karena telah hadir memberikan Imbauan dan pesan Kamtibmas. Kegiatan pun berlangsung dengan aman dan kondusif. (*)

×
Berita Terbaru Update