-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemdes Kamatubun Beri Bantuan Mesin Diesel untuk Nelayan Andon Lokal

23 Juli 2024 | 11:58:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-23T05:05:47Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Pemerintah Desa Kamatubun telah menunjukkan perhatian yang besar terhadap nelayan lokal dengan membuatnya sebagai prioritas utama. Hal ini terbukti dengan langkah pemdes yang menampung permintaan masyarakat akan alat penangkapan ikan berupa mesin diesel bagi nelayan andon lokal di Desa Kamatubun. 


Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk terus menjamin kesejahteraan para nelayan, sekaligus mendatangkan manfaat bagi masyarakat secara luas terutama dalam bidang perikanan dan  lapangan pekerjaan khususnya di sektor perikanan. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Camat Wermaktian dan Kepala Desa Kamatubun di Kantor Desa Kamatubun. Selasa, (23/07/2024). 


Fadukyaman Iraratu kepada wartawan media ini menjelaskan, Dengan adanya bantuan dalam bentuk mesin diesel, telah membantu para nelayan andon lokal dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan mereka. 


“Mesin diesel ini akan membantu nelayan andon lokal di desa Kamatubun untuk mencapai lokasi penangkapan ikan yang lebih jauh dan dalam waktu yang lebih singkat. Sehingga, secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan pendapatan para nelayan tersebut. Selain itu, bantuan ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pada sektor perikanan di Desa Kamatubun secara keseluruhan,”ujarnya. 


Iraratu bilang, ini pun Tidak hanya dari segi ekonomi, pemberian mesin diesel ini juga akan memberikan manfaat dalam hal penciptaan lapangan kerja. Dengan demikian, pemberian bantuan ini tidak hanya berdampak pada kesejahteraan langsung para nelayan, tetapi juga pada peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat Desa Kamatubun.


“Secara keseluruhan, perhatian pemerintah Desa Kamatubun terhadap nelayan lokal merupakan langkah yang sangat positif dan patut diapresiasi, bantuan ini sudah tiga kali kita berikan kepada masyarakat nelayan lokal melalui APBDes tahun 2023. Hari ini kita anggarkan lagi untuk diberikan kepada nelayan jadi, sudah empat kali,”katanya.


“Melalui bantuan alat penangkapan ikan berupa mesin diesel ini, diharapkan sektor perikanan di Desa Kamatubun akan semakin berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat. Semoga langkah ini juga dapat menjadi contoh bagi desa tetangga lain untuk memberikan perhatian lebih kepada para nelayan lokal demi meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di daerah,”ungkapnya.




Senada dengan Kades Kamatubun, Charles Utualy, Camat Wermaktian  mengatakan, Dirinya memberikan apresiasi kepada Pemerintah desa Kamatubun atas bantuan yang diberikan kepada nelayan andon lokal. Hal ini sangat penting karena banyak nelayan dari luar yang datang ke Seira untuk mengambil hasil laut yang melimpah. 


Dengan memberdayakan masyarakat lokal, mereka dapat turut serta dalam mengelola hasil laut dan menciptakan peluang usaha yang berkelanjutan di sektor perikanan. Melalui pelatihan dan pendampingan, masyarakat dapat memahami pentingnya keberlanjutan sumber daya laut dan cara mengelolanya dengan baik. 


Selain itu, pemberdayaan juga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk membuat produk olahan laut yang bernilai tambah. Dengan adanya pemberdayaan masyarakat lokal, Desa Kamatubun dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan dan merata bagi seluruh masyarakat.


“Pemberdayaan masyarakat lokal merupakan langkah yang tepat agar mereka juga bisa turut serta dalam menikmati hasil laut dan menciptakan peluang usaha di Desa Kamatubun, Dengan adanya dukungan dari pemerintah desa, masyarakat Kamatubun dapat lebih mandiri dan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjadi bagian dari pembangunan ekonomi di wilayah Kecamatan Wermaktian. Semoga dengan adanya kerjasama antara pemerintah desa dan nelayan lokal, Kamatubun dapat semakin maju dan sejahtera” Tutupnya. (Nik Besitimur)

×
Berita Terbaru Update