-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Lakukan Patroli pesisir, Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar cek alat keselamatan dan kelengkapan surat

10 Juli 2024 | 11:17:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-10T16:17:52Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Antisipasi gangguan Kamtibmas di Wilayah perairan, Satpolair Polres Kepulauan Tanimbar rutin menggelar Patroli Sambang kepada Nahkoda Kapal dan ABK yang berlokasi di Pelabuhan Rakyat Kampung Babar Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (10/08/24).


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Polair Ipda REIMAL F. PATY mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya giat Patroli Sambang ini untuk memberikan Imbauan dan pemahaman tentang pentingnya menjaga keselamatan di laut maupun berbagai potensi gangguan Kamtibmas yang mungkin saja muncul, sehingga Masyarakat dan Nahkoda Kapal serta para Nelayan bisa melakukan pencegahan secara dini.


“Dalam giat ini, Kami lakukan pengecekan terhadap kelengkapan alat keselamatan, surat-surat kapal hingga kelengkapan lainnya yang seharusnya berada di atas kapal ketika melaut. Hal ini kami lakukan demi mencegah terjadinya tindak pidana hingga kecelakaan di laut" jelasnya.


Lebih lanjut Kasat Polair Ipda REIMAL F. PATY  mengungkapkan bahwa pihaknya akan secara rutin dan terus menggalakkan kegiatan Patroli Perairan dan Sambang kepada Masyarakat, demi terciptanya Kamtibmas yang kondusif khususnya pada Wilayah Perairan yang berada di Wilayah Hukum Polres Kepulauan Tanimbar.


Sementara itu, dalam kunjungan yang dilakukan terhadap para Nahkoda Kapal beserta ABK, terlihat Petugas memeriksa alat keselamatan hingga kelengkapan administrasi kapal. Di Sela-sela kegiatan tersebut, mereka diimbau untuk tetap memperhatikan kelayakan dan kapasitas Kapal ketika ingin berlayar serta selalu mewaspadai cuaca buruk.


Berkaitan dengan Pidana maupun pelanggaran administrasi, sehingga Petugas pun menghimbau kepada Nahkoda Kapal dan ABK untuk tidak membawa barang ilegal seperti obat-obat terlarang/ narkotika, minuman keras dan barang ilegal lainnya yang diangkut dengan kapal serta tidak menggunakan bahan peledak sebagai alat untuk menangkap ikan, karena hal itu merupakan pelanggaran Pidana.


Giat Patroli ini pun mendapat sambutan positif dari para Nahkoda Kapal dan ABK, mereka menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan imbauan serta pesan Kamtibmas yang disampaikan oleh Anggota Sat Polair Polres Kepulauan Tanimbar. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat terjalinnya silaturahmi dan kemitraan yang baik di antara Masyarakat dengan Kepolisian. (*)

×
Berita Terbaru Update