-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Imbau tentang keselamatan, Sat Polairud rutin sambangi para Nelayan

01 Juli 2024 | 5:18:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-30T22:18:28Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Dalam rangka meningkatkan peran serta Masyarakat dalam menciptakan Kamtibmas utamanya di Wilayah Pesisir dan Perairan, Kepolisian terus aktif dan rutin melaksanakan giat Sambang bagi para Nelayan.


Seperti yang terlihat dilakukan oleh Personel Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Bacarita Basudara Manise dengan menyambangi sejumlah Nelayan di Pelabuhan Pasar Omele, Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Minggu (30/06/24).


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Polairud Ipda REIMAL F. PATY mengatakan bahwa giat Bacarita Basudara Manise ini merupakan salah satu program Polri yang rutin dilaksanakan oleh Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar guna memberikan Imbauan dan edukasi kepada Masyarakat khususnya para Nelayan tentang pentingnya keselamatan hingga menjaga Kamtibmas.


”yang dimulai dari Edukasi tentang pentingnya keselamatan serta Imbauan dan pesan Kamtibmas kepada para Nelayan untuk melengkapi alat keselamatan diatas Kapal hingga mengantisipasi bilamana terjadi musibah di laut” ungkapnya.


Dalam menjalin silaturahmi serta lebih mendekatkan diri dengan Masyarakat khususnya para Nelayan di Pesisir, sambung Kasat, tentunya merupakan salah satu tugas Kepolisian khususnya Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar untuk terus membina, mengarahkan serta memberikan bimbingan dan menyampaikan informasi tentang Kamtibmas.


Lebih lanjut Kasat menegaskan bahwa pihaknya akan terus menerus dan rutin menggalakan kegiatan Sambang melalui program Bacarita Basudara Manise ini kepada Warga khususnya para Nelayan di pesisir maupun para Nahkoda Kapal dan ABK, hal ini dilakukan demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Perairan.


Sementara itu, nampak terlihat Personel Sat Polairud berbincang-bincang dengan nelayan sekaligus memberikan imbauan dan edukasi kepada para Nelayan memberikan Edukasi serta pesan Keselamatan kepada para Nelayan untuk tetap menyediakan alat keselamatan diatas kapal seperti pelampung (Life Jacket) serta pentingnya mewaspadai cuaca ekstrim yang bisa menimbulkan gelombang tinggi.


Petugas pun mengingatkan agar sebelum Melaut, terlebih dahulu mengecek kondisi kapal serta pastikan kelayakan Kapal sebelum melakukan pelayaran untuk mencari Ikan, serta melengkapi alat-alat Navigasi dan dalam kegiatan penangkapan ikan agar tidak menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan karena hal itu merupakan pelanggaran pidana.


Para Nelayan tersebut pun diimbau untuk tidak membawa barang-barang ilegal antara lain seperti obat-obat terlarang atau narkotika, minuman keras maupun barang ilegal lainnya yang diangkut dengan menggunakan kapal. (*)

×
Berita Terbaru Update