-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Cijurey Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka Gelar Ruwatan dan Sedekah Bumi

11 Juli 2024 | 11:49:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-11T16:49:59Z

Majalengka.mediajurnalinvestigasi.com-Desa Cijurey Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka menggelar acara adat Guar Bumi pada Kamis (11/07/2025). Acara adat Guar Bumi ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat setempat dalam rangka menyambut masa tanam pertama. Bertempat di lapang futsal depan Kantor Desa Cijurey acara cukup sederhana, acara adat ini tampak meriah dengan dihadiri oleh ratusan masyarakat setempat. Mereka kompak mengenakan pakaian adat serba hitam untuk laki-laki dan kebaya untuk perempuan.




Kegiatan berlangsung meriah tersebut yang melibatkan warga Desa Cijurey terdiri dari 3 blok, yaitu Blok Cipinang, Blok Kepuh dan Blok Desa. Selain itu, juga kegiatan dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Panyingkiran, Kepala Desa Cijurey beserta jajarannya dan Kepala Desa se-Kecamatan Panyingkiran, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama serta para tamu undangan lainnya.


“ Kegiatan guar bumi ini sudah biasa dilakukan warga desa Cijurey bahkan sudah menjadi agenda rutin tahunan, disamping melakukan do’a bersama tradisi ini juga untuk menjalin silaturahmi antar warga, sehingga kebersamaan masyarakat disini akan semakin terjalin dengan baik dan ruwatan tutup tahun buka tanah merupakan bagian penting dari identitas desa." Ujar Kepala Desa Cijurey, Yusuf Faisal G.


Bapak Ambang selaku panitia penyelenggara acara tersebut mengatakan Tradisi Guar Bumi ini didanai dari hasil swadaya masyarakat setempat karena bagi masyarakat desa Cijurey acara guar bumi ini merupakan momen penting untuk memperkuat tali silaturahmi dan menjaga kelestarian tradisi yang sudah di wariskan sejak jaman dulu dari para leluhur desa Cijurey.


(ddrh)

×
Berita Terbaru Update