-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Proyek Rehab Total SD Negeri Sukamulya 02 Diduga Berpotensi Merugikan dan Membahayakan Nyawa Orang Lain

22 Juni 2024 | 12:10:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-21T17:10:06Z


Bekasi. Media Jurnal Investigasi- Sangat mengkhawatirkan Proyek Rehabilitasi Ruang Kelas Gedung SDN Sukamulya 02 Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Diduga tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) berpotensi bisa merugikan dan membahayakan nyawa orang lain. Jum'at (21/06/2024).


Pasalnya menurut (PRJ) kepala tukang. Galian tanah lubang pondasi nya tergenang air. Akibatnya tidak menggunakan lantai kerja.


" Karena galian lubang pondasi nya berair jadi nggak pakai lantai kerja, kalau nggak ada air nya biasanya gitu ada lantai kerja nya. " Ungkap (PRJ) mandor proyek saat di wawancarai. Pada Selasa (18/06/2024).



Lebih lanjut (PRJ) mengatakan bahwa konsultan sudah mengetahui galian tanah lubang pondasi yang tergenang air tersebut.


" Konsultan tahu, tapi nggak bisa ngarahin karena memang kondisinya seperti itu. " Tandasnya.


Sementara kata (RS) Konsultan yang di konfirmasi lewat WhatsApp mengungkapkan, kalau dirinya sudah mengarahkan agar di keringkan terlebih dahulu air nya, namun pihak proyek tetap membandel, selanjutnya ia akan memberikan surat teguran kepada pihak proyek.


" Udah Bang, saya udah suru sedot dulu biar air nya nggak ada ternyata tidak, nanti akan saya bikin surat teguran. " Jawabnya.


Perlu diketahui pengaruh genangan air terhadap pengecoran beton. Genangan air yang terdapat pada daerah pengecoran berpotensi mempengaruhi komposisi adukan khususnya pada faktor air semen. Hal tersebut dapat mengakibatkan kuat tekan beton berkurang sehingga mengakibatkan mutu beton menjadi berkurang.


Sementara fungsi lantai kerja untuk memudahkan pekerja berdiri di atas lahan datar, lahan menjadi tidak kotor dan becek, Merupakan dudukan besi lapis bawah, Menahan gaya angkat tanah di bawahnya.


Secara umum, pondasi merupakan struktur bangunan yang letaknya berada di bagian paling bawah dan berguna untuk menopang beban seluruh struktur bangunan. Sebagai bagian dari struktur paling bawah, pondasi merupakan salah satu bagian utama dalam menopang beban bangunan di atasnya.


Apabila pondasi dibuat tidak memenuhi standar, maka bangunan dapat berpotensi mengalami kerusakan dalam waktu dekat. Jika sudah begitu, tidak hanya mengalami kerugian namun juga dapat membahayakan orang di dalamnya.


Di ketahui Proyek Rehab Total SDN Sukamulya 02 dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Bekasi. Sumber Dana APBD Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2024. Dengan Harga Kontrak Rp.2.296.106.000,00. (Dua milyar dua ratus sembilan puluh enam juta seratus enam ribu rupiah). Pelaksana CV. BUMI INTI JAYA.


Dalam hal ini Dinas terkait jangan tutup mata segera turun kelokasi proyek rehab total SD Negeri Sukamulya 02, yang diduga tidak sesuai RAB sehingga dapat merugikan dan membahayakan nyawa orang lain, beri teguran kepada oknum kontraktor supaya dikerjakan secara normatif. 

(Chupes)

×
Berita Terbaru Update