-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Jaga keamanan Wilayah, Bhabinkamtibmas Sangliat Dol aktifkan kembali Pos Kamling

06 Juni 2024 | 6:47:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-06T11:47:40Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Dalam upaya preemtif Polri guna membangun situasi keamanan dan ketertiban lingkungan, Bhabinkamtibmas Desa Sangliat Dol Bripka CHARLES K. LUTLUTUR bersama Babinsa dan Pemerintah Desa kembali aktifkan Pos Kamling dengan memasang Banner di Desa Sangliat Dol, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (05/06/24).


Pos Kamling ini bertujuan untuk mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) serta meningkatkan keamanan swakarsa dan kewaspadaan lingkungan guna terciptanya situasi keamanan dan ketertiban, serta merupakan salah satu tindakan untuk mempersempit ruang tindak kejahatan di lingkungan setempat.


Pada kesempatan itu, nampak terlihat Bhabinkamtibmas bersama Pemerintah Desa melakukan pemasangan Banner. Adapun pada pemasangan Banner Pos Kamling ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan serta menunjukan keberadaan Petugas pada setiap kegiatan Pengamanan Swakarsa.


Disela-sela pengaktifan Pos Kamling ini, Bhabinkamtibmas memberikan Himbauan Kamtibmas kepada Warga agar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita harus saling menghargai dan menghormati serta menghindari gesekan antar warga hingga antar Desa, sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.


“Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun Keluarga seperti pesta Miras hingga mabuk-mabukan maupun melakukan perbuatan melanggar hukum lainnya, yang dapat menimbulkan kegaduhan dan berpotensi terjadinya perbuatan tindak pidana” jelasnya.


Selain itu, Bhabinkamtibmas pun turut memberikan arahan dan edukasi terkait dengan kegiatan Linmas, Ia pun menjelaskan tentang peran dan fungsi Linmas dengan harapan dapat membantu Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugas kedepannya dan juga dapat mengamankan Peraturan Desa khususnya di Desa Sangliat Dol.


Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kapolsek Wertamrian Ipda BRIYANTRI MAULANA, S.Tr. K., mengatakan, kegiatan ini tentunya merupakan wujud dalam memberikan perlindungan serta mengajak partisipasi Masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban Masyarakat serta mencegah terjadinya aksi kejahatan.


“Dengan adanya pengaktifan Pos Kamling hingga pemasangan Banner ini, diharapkan keamanan dan ketertiban dapat tercipta sekaligus mewujudkan partisipasi aktif Masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif” ucap Kapolsek.


Selain itu, menurutnya Pos Kamling ini pun merupakan salah satu tempat untuk berkumpul sekaligus saling berbagi informasi dan berkomunikasi dengan Warga hingga sebagai wadah untuk penyelesaian persoalan Warga yang terjadi. Kapolsek juga berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat mencegah gangguan Kamtibmas hingga menekan angka tindak kriminalitas. (*)

×
Berita Terbaru Update