-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Insan Pers Resmi Laporkan Kadis Perikanan KKT Pelaku Pengancaman Jurnalis ke Polisi

28 Juni 2024 | 6:48:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-28T11:48:17Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Para Insan Pers di Tanimbar resmi melaporkan oknum ASN yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Alo Batkormbawa pelaku pengancaman terhadap dua jurnalis saat melakukan kerja jurnalistiknya saat mewawancarai kadis di ruang kerjanya, Kamis (27/7/2024)


"Hari ini resmi kami melaporkan ke Polres Kepulauan Tanimbar, terkait kasus pengancaman dan umpatan kasar atau caci-maki kepada wartawan. Intinya tahapan laporan telah kita lakukan, baik pidana maupun etik sebagai ASN yang notabenenya juga seorang kepala dinas. Kita tunggu perkembangannya dari pihak Polres," kata Wartawan Nikolas Besitimur yang merupakan salah satu dari korban pengancamanan.


Pada kesempatan itu, Besitimur yang didampingi korban Ever Batlayeri serta para insan Pers di KKT, mengatakan masih laporan aduan, secara umum dibagi dua yakni pertama tindak pidana umum pasal yang disangkakan, yakni pasal 170 dan pasal 351.


"Yang kedua kita nanti di Pemda baik ke Penjabat Bupati maupun dinas teknis yang menangani ASN bermasalah, karena yang terlibat ini adalah ASN dan juga menjabat kepala dinas, serta kita akan melanjutkannya ke Komisi ASN di Jakarta," tegas Besitimur. 


Menurut Dia, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers dalam perkara ini, karena hal itu merupakan tindak pidana.


"Kami dalam menjalankan tugas liputan selaku jurnalis dengan atribut lengkap dan mematuhi etika serta kode etik jurnalis," jelasnya.


Disisi lain, sebagai mitra dengan Kepolisian, pihaknya juga menagih 

komitmen kepolisian perihal perlindungan jurnalis ketika melaksanakan tugas-tugas jurnalistiknya, baik meliput di lapangan.


"Kamis harap laporan yang sudah kami masukan dan diterima tadi, bisa segera ditindaklanjuti oleh pak Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, beserta jajarannya," tandas dia. (Bayu)

×
Berita Terbaru Update