-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dengar aspirasi Masyarakat, Kapolres Kepulauan Tanimbar pimpin Jumat Curhat

07 Juni 2024 | 10:03:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-07T15:03:29Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Sebagai upaya untuk menyerap keluhan serta saran dan masukan secara langsung dari Masyarakat, Polres Kepulauan Tanimbar kembali menggelar program bertajuk Jumat Curhat.


Dengan Tema, Polres Kepulauan Tanimbar wujudkan Polisi Keselibur (Polisi Sahabat Masyarakat) tersebut, dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA,S.I.K., yang dihadiri oleh para PJU Polres, para Kasat, Perwira hingga Personel Polres Kepulauan Tanimbar.


Kegiatan yang berlangsung pada Kantor Kelurahan Saumlaki Utara, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (07/06/24) ini, dengan menghadirkan Kepala Lurah Saumlaki Utara bersama staf, para Ketua RT dan RW se kelurahan Saumlaki Utara, hingga Tokoh Agama, para Tokoh adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat.


Mengawali dari kegiatan ini lewat sambutannya, Kepala Lurah Utara Bapak YOSEPH A. LAMERE, S.Sos., M.M., mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Kepulauan Tanimbar dan Personel yang mengunjungi Kelurahan Saumlaki Utara. Menurutnya, kegiatan positif seperti ini, dapat dilaksanakan secara berkala pada Warga  Masyarakat agar dapat memahami dan mengerti tentang hukum.


“kami harapkan, segala bentuk curhatan, pertanyaan masukan dapat dijelaskan oleh bapak kapolres beserta staf” ucapnya.


Sementara itu, Kaporles Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., mengatakan, Giat Jumat curhat ini merupakan Program Prioritas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan merupakan program lanjutan dari Quick Wins Presisi yaitu Beyond Trust Presisi serta merupakan bagian dari program Kapolda Maluku yaitu Program Basudara Manise.


“Jumat Curhat ini kami gelar untuk mendengar keluhan terkait situasi Kamtibmas yang berkembang, serta sebagai sarana untuk menampung saran dan kritikan dari Masyarakat kepada Polri guna meningkatkan kinerja Polri kedepan agar dapat lebih baik” jelas Kapolres.


Sambil mengobrol santai, Kapolres Kepulauan Tanimbar pun turut menyampaikan Himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas kepada Masyarakat yang hadir terkait dengan pemahaman Hukum, taati peraturan dalam Berlalu Lintas, hingga potensi konflik sosial yang terjadi di tengah-tengah Masyarakat.


Selain itu, Orang nomor satu pada Polres Kepulauan Tanimbar ini juga menghimbau terkait Pilkada. Menurutnya, pilihan boleh berbeda namun jangan sampai berdebat hingga menimbulkan terjadinya tindak pidana. Dalam Pilkada masih ditemukan ada yang melakukan praktek Money Politic, sehingga hal ini diharapkan tidak terjadi dan apabila Masyarakat menemukan hal tersebut, segera dilaporkan ke Pengawas Pemilu.


“Menutup Imbauan ini, kami berharap agar kemitraan yang terjalin antara Polri dan Masyarakat ini dapat terus terjalin dengan baik” tutupnya.


Banyak masukan dan pertanyaan dari Masyarakat yang diajukan dan dijawab langsung oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar beserta Staf, terkait dengan adanya Rumah Bordil, Judi, Miras, balap liar, tawuran, masalah lalu lintas hingga masalah keamanan di lingkungan Warga setempat. Selain itu juga, terkait dengan pelayanan administrasi yang mana proses pengurusan surat-surat mengalami kendala.


Tak hanya tentang keluhan beserta kritikan yang disampaikan, Banyak juga Masyarakat yang mengapresiasi terkait kinerja Polri dalam hal ini Polres Kepulauan Tanimbar terlebih khusus bagi anggota Bhabinkamtibmas pada Wilayah setempat yang selalu hadir untuk menjawab setiap keluhan Masyarakat.


Kegiatan yang diwarnai dengan dialog interaktif antara Kapolres dengan Masyarakat ini pun berlangsung santai dan penuh keakraban, seraya menerima langsung curhatan berupa keluhan terkait situasi Kamtibmas di lingkungan setempat hingga saran dan kritikan terhadap Polri sebagai bahan evaluasi guna membenahi, memperbaiki maupun meningkatkan kualitas kinerja pelayanan Polri. (*)

×
Berita Terbaru Update