-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Warga Terdampak IKN Unjuk Rasa di Kantor BPN Penajem Paser Utara

28 Mei 2024 | 1:19:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-28T06:19:45Z



Penajam,Kaltim, Media Jurnal Investigasi- ribuan massa Hari ini selasa,(28/5) melakukan unjuk rasa di depan kantor BPN penajem paser utara provinsi kalimantan timur, unjuk rasa tersebut terkait warga yang terdampak area IKN di duga hanya di bayar ganti rugi pohon dan tumbuhan yang di tanam saja.


Warga mempertanyakan kepada pihak BPN tentang kejelasan sertifikat PTSL yang mereka ajukan


Warga menggelar aksi untuk menuntut sertifikasi terhadap lahan mereka. Sebab, saat ini status lahan atau tanah warga hanya sebatas hak pakai. Mereka meminta pemerintah meningkatkan status lahan mereka menjadi hak milik. Mereka juga menuntut hak atas tanah lahan dari penguasaan HGU dan Bank Tanah.


Perwakilan pejabat BPN yang menemui warga mengatakan tidak bisa memberi jawaban atas tuntutan warga.


Para warga yang berdemonstrasi berasal dari Kelurahan Pemaluan, Kelurahan Maridan, dan Kelurahan Riko di Kecamatan Penajam, PPU. Mereka terhimpun dalam Solidaritas Masyarakat PPU. Ada lima tuntutan utama yang mereka bawa.


Pertama, pemerintah diminta mencabut status hak guna usaha (HGU) di lahan mereka. Kedua, menghapus sertifikat hak pakai lahan dan menggantinya menjadi sertifikat hak milik (SHM). Ketiga, menghapus Bank Tanah di PPU yang disebut sebagai penjajah. Keempat, transparansi administrasi. Kelima, menetapkan biaya administrasi pembuatan SHM di PPU dan menentukan waktu penyelesaian pembuatan SHM.


Anwar

×
Berita Terbaru Update