-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tanggap dan Sigap, Piket Fungsi Polres Kepulauan Tanimbar Lakukan Pengecekan Tahanan Setiap Hari

05 November 2023 | 5:32:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-05T10:32:41Z

Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Seusai Serah Terima, Anggota Jaga yang tergabung dalam Piket Fungsi melaksanakan pengecekan rutin Ruang Tahanan beserta Tahanan, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Sabtu, (04/11) malam.


Seperti biasa, pengecekan tahanan yang dilakukan pada Rutan Polres Kepulauan Tanimbar tersebut dimulai pukul 08.00 Wit dan dilanjutkan pada Pukul 20.00 Wit, seusai apel serah terima personil piket fungsi. Pengecekan ini dimulai dengan mengabsen para tahanan, untuk memastikan jumlahnya tetap lengkap sesuai data.


Piket Fungsi selalu meningkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga, apalagi pada saat di hari libur, tidak masuk kantor dan setiap malam hari, sehingga atensi dari pimpinan agar selalu cek dan kontrol secara rutin para Tahanan sesuai dengan SOP.


Pengecekan ruang tahanan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kondisi kesehatan fisik dan mental para Tahanan, dan mengecek situasi pada Ruang Tahanan dan juga mengecek barang-barang yang ada pada Ruang Tahanan.


Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., melalui Kasat Tahti Iptu J. Amelaman mengatakan bahwa pengecekan Tahanan dan Ruang Tahanan ini dilakukan untuk memantau secara langsung kondisi penghuni ruang tahanan dan memeriksa kemungkinan kepemilikan barang-barang berbahaya yang ada di ruang tahanan serta untuk memastikan kondisi tahanan apakah ada yang sakit.


"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bagi Anggota Piket Fungsi sesudah melaksanakan serah terima jaga untuk memastikan apakah para Tahanan dalam keadaan lengkap atau tidak dan betul-betul memastikan Ruang tahanan dalam keadaan aman dan kondusif" Ucap Kasat Tahti.


Selain itu, untuk menjaga kesehatan para Tahanan agar tetap bugar dan sehat, Kasat Tahti juga menghimbau kepada petugas jaga agar tidak lupa mengarahkan tahanan untuk selalu rutin berolahraga setiap pagi dan sore hari, serta menjaga kebersihan di dalam Ruang Tahanan.


Pelaksanaan pengecekan oleh para Piket Fungsi kepada Ruangan yang dihuni oleh 14 (empat belas) Orang Tahanan dengan beraneka ragam permasalahan yang telah dilakukan dalam keadaan aman, baik dan lengkap. (Nik Besitimur)

×
Berita Terbaru Update