-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemda Gelar Upacara HUT KKT ke-24 di Mandriak, Gunakan Bahasa Selaru

04 Oktober 2023 | 2:55:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-04T10:17:44Z

JURNALINVESTIGASI.com, SAUMLAKI - Kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) ke-24, Rabu, 4 Oktober 2023, yang berlangsung di Lapangan Mandriak, Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), menggunakan bahasa Selaru, yang merupakan salah satu bahasa lokal penduduk Duan Lolat yang terdiri dari lima bahasa daerah yakni bahasa Seira Larat - Fordata, Makatian, Selwasa, Yamdena dan Selaru. 


Mulai dari laporan pemimpin upacara kepada inspektur upacara hingga doa pun semua dibawakan dalam bahasa Selaru. Usai upacara Ruben B. Moriolkossu, mengatakan kalau pesan yang ingin disampaikan lewat penggunaan bahasa lokal tersebut adalah inilah identitas orang Tanimbar dan mempertahankan identitas ketanimbaran ini lewat budaya. 


"Harapan saya dengan perayaan HUT hari ini sebagaimana tema Tanimbar Bisa artinya bisa memotivasi kita, siapapun dia yang mendiami Bumi Duan Lolat untuk membangun Tanimbar yang lebih baik," ucapnya. 


Upacara dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD KKT yang berlangsung juga di Tribun Utama Lapangan Mandriak dan dipimpin oleh Ketua DPRD Deni Darling Refwalu. 


Dalam pidato Penjabat Bupati, dirinya menjelaskan terkait Tema Tanimbar Bisa yang diharapkan menjadi sumber inspirasi dan semangat bagi seluruh rakyat di KKT untuk terus berjuang, berkolaborasi dan berkembang bersama guna mewujudkan Tanimbar yang lebih baik. 


"Secara teknis dalam Tema ini mengandung 7 makna. Diantaranya optimisme terhadap potensi lokal, semangat kemandirian, motivasi untuk berkembang, pemberdayaan komunitas, rasa bangga atas identitas lokal, fokus pada kemampuan serta semangat perubahan yang positif," beber dia. (Nik Besitimur)

×
Berita Terbaru Update