-->

Notification

×

Iklan

Iklan

BAZNAS Kabupaten Majalengka Apresiasi Dan Berkolaburasi Bersama Kwarcab Pramuka Majalengka Dalam Program Inovatif Rencana Pembangunan Rumah Tidak La

03 Oktober 2023 | 8:19:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-03T13:19:32Z

Majalengka.mediajurnalinvestigasi.com- Sekda Majalengka Eman Suherman merespon penuh gagasan pramuka saat  momentum peringatan HUT ke-62 Pramuka, Kwarcab Pramuka Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang merancang sebuah program inovatif berupa Rencana Pembangunan Rumah  Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang tentunya berkolaburasi bersama BAZNAS kabupaten Majalengk

Sekda yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Majalengka, H. Eman Suherman, menjelaskan bahwa seleksi penerima manfaat Rutilahu dilakukan melalui proses kolaborasi antara setiap Kwarran di tingkat kecamatan.

"Rumah-rumah yang membutuhkan bantuan akan ditinjau dan dinilai oleh kwartir ranting untuk menentukan prioritas pembangunan," jelas Eman Suherman, Selasa (03/10/2023).

Eman mengatakan, pada tahap awal program ini pun akan dimulai dengan kegiatan gotong royong di setiap Kwaran untuk menyusun proposal pembangunan rumah.

Alasan utama di balik program ini, menurut H. Eman, adalah angka rumah tidak layak huni yang masih tinggi di Kabupaten Majalengka, mencapai lebih dari 12 ribu rumah pada tahun 2023.

Selain itu, semangat sosial dan empati yang tercermin dari Pramuka dalam merespon bencana alam juga menjadi landasan penting program ini.

"Semangat gotong royong telah terbukti efektif dalam mengumpulkan donasi saat kejadian seperti gempa bumi di Cianjur, di mana Kwarcab Pramuka Majalengka berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp.150 juta," jelas Eman di sela-sela kegiatan bedah rumah bersama Kwaran Palasah.

Terkait dengan pembiayaan, penanganan Rutilahu di Kabupaten Majalengka selama ini bergantung pada dana dari pemerintah pusat dan provinsi, serta dana dari Baznas.

Dalam program Rutilahu kali ini, Kwarcab Pramuka berkeinginan berkolaborasi dengan pemerintah dan bersinergi dengan BAZNAS serta Pemerintah Kabupaten Majalengka untuk mengumpulkan donasi dari donatur Pramuka.

Ketua BAZNAS kabupaten Majalengka, Agus Yadi Ismail saat di wawancarai melalui seluler berterimakasih kepada Kwarcab Pramuka kabupaten Majalengka sudah mau menggandeng BAZNAS dalam hal bedah rumah tidak layak huni yang masih tinggi di Kabupaten Majalengka, mencapai lebih dari 12 ribu rumah pada tahun 2023 saat ini.

Eman menekankan bahwa ketika pelaksanaan pembangunan dimulai, semua anggota Pramuka akan bersatu padu dalam upaya gotong royong untuk mewujudkan Rutilahu.

Keyakinannya adalah bahwa kekompakan ini akan membangkitkan semangat gotonyong di masyarakat yang mungkin sudah mulai memudar.

"Program Rutilahu ini juga merupakan wujud nyata dari prinsip Trisatya dan Dasa Darma Pramuka yang menitik beratkan pada peran Pramuka dalam memberikan manfaat kepada masyarakat," tegasnya.

Eman menandaskan, bahwa melalui program tersebut Kwarcab Pramuka Kabupaten Majalengka tidak hanya sebatas untuk membangun rumah, tetapi juga meambangun semangat persatuan dan kebersamaan yang lebih kuat di antara anggota Pramuka dan masyarakat.


(ddrh)

×
Berita Terbaru Update