-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kades Weratan Alokasikan Anggaran Hasil PADes 'Telur Ikan Terbang' Bangun Sumur Galian Untuk Warga RT.04

07 September 2023 | 8:21:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-21T15:58:12Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Wilzon Layan Kepala Desa Weratan, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengalokasikan Anggaran Rp.13 Juta yang diambil dari Pendapatan Asli Desa (PADes) Hasil retribusi "Telur Ikan Terbang" dipakai untuk membangun sumur galian kepada warga masyarakat di RT.04 Desa Weratan.


Alokasi anggaran itu dikucurkan atas dasar permintaan warga masyarakat setempat, melalui hasil musyawara di desa, yang merupakan kebutuhan paling mendesak. Kades Weratan kemudian menerima usulan masyarakat  untuk membangun sumur. 


Seperti diketahui bahwa, hasil pengoperasian telur ikan terbang oleh para nelayan andon di Seira yang disetor kepada masing-masing desa sebesar Rp.100 juta rupiah itu, dipotong Rp.3 juta dari masing-masing desa untuk bangun sumur juga di Pulau Watwalwulin atas tuntutan seluruh masyarakat Seira. 


Anggaran yang diterima oleh Kades Weratan sebesar Rp.97 juta itu, akhirnya kades Weratan memilih untuk menggunakan anggaran tersebut untuk bangun sumur galian bagi kepentingan warga setempat. 



"Masyarakat di RT.04 sangat membutuhkan air bersih, oleh karena itu maka, melalui Hasil PADes yang bersumber dari telur ikan terbang yang dibagikan kepada masing-masing desa sebesar Rp.100 Juta itu maka, kami pemdes mengalokasikan anggaran sebesar Rp.13 Juta untuk bangun sumur kepada warga masyarakat yang membutuhkan"ungkapnya.


"Kemudian nanti ada kebijakan dari saya sendiri sebagai kepala desa untuk pengadaan pompa celup sumur yang akan dipasang pada sumur tersebut agar bisa memudahkan masyarakat saat mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari,"terang Wilzon Layan, Kapala Desa Weratan Kepada Wartawan. Kamis, (07/09/2023).


Anggaran telur ikan terbang itu juga dibagi kepada majelis lokal, RT/RW, dan juga dialokasikan untuk perbaikan speed desa Weratan. Data itu lebih difokuskan kepada masyarakat sesuai dengan hasil musyawara, dan permintaan-permintaan tersebut telah diputuskan bersama melalui musyawara mufakat akhirnya semua dapat berjalan dengan baik dan telah terlaksana. Tutup Kades Weratan. (*)

×
Berita Terbaru Update