-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Fogging (Pengasapan) Bukan Pilihan Utama untuk Memberantas Nyamuk Penyebab DBD

03 September 2023 | 11:02:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-03T04:02:20Z

 


Kota Bekasi, Jurnal Investigasi.com - Ahad, 3 September 2023 di pagi hari ini ada kegiatan Fogging (pengasapan) di Lingkungan Rt. 03 dan Rt. 04 Rw. 017 Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara. Hal ini adalah sebagai salah satu bentuk kewaspadaan terhadap munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue. Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Namun faktanya tindakan ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja TIDAK UNTUK larva, telur, ataupun jentik nyamuk, selanjutnya telur, larva atau jentik akan berkembang menjadi nyamuk dewasa.



“Fogging memang bisa dilakukan untuk pengendalian penularan DBD, namun harus dibarengi dengan tindakan lain karena tindakan ini hanya efektif pada nyamuk dewasa", ungkap Pak Rt.  

Ada lagi cara efektif Kegiatan pencegahan yang disebut 3M Plus juga dianjurkan untuk dilakukan, karena dinilai lebih efektif dibandingkan hanya fogging saja. Gerakan 3M Plus meliputi menguras bak dan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.






(iwan iskandar) 

×
Berita Terbaru Update