-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Team Penilai Lomba Kampung Bersih Beri Penilaian di Desa Sukamantri.

10 Agustus 2023 | 2:18:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-10T07:18:07Z

 


Bekasi - Jurnal Investigasi.com - Dalam rangka menyambut HUT RI ke 78 Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi (Pemkab) mengadakan lomba Kampung bersih makin berani dan melakukan penilaian di Desa Sukamantri Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Kamis (10/8/2023).


Team Penilai lomba kampung bersih menyampaikan, penilaian tingkat Desa Kabupaten Bekasi yakni mencakup Kategori sisi kebersihan lingkungan, keindahan, keamanan dan inovasi. Masing-masing kategori, nilai terbaiknya satu, dua dan tiga.


Lalu dari hasil itu semua, akan ditetapkan juara umum. Lalu ada juga juara dari sisi perumahan dan sisi perkampungan terbaiknya.


“Kami dari team Penilai tingkat desa oleh kepala desa, tingkat kecamatan oleh camat dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam ) dan kami dari tingkat Kabupaten melakukan penilaian juga secara objektif,”ucapnya.

Team Penilai memberikan gambaran, bahwa dalam penilaian satu kampung bisa juara. Pertama inovasi, poin ini paling menentukan. Karena, untuk kebersihan sendiri sudah menjadi hal yang rutin dilakukan warga masyarakat.


“Begitu ada inovasi misalnya tadi ada composting atau pemanfaatan sampah dan dijadikan bahan bermanfaat dan dari sisi keamanan misalnya, ada CCTV dan pos ronda yang bagus dan di sisi keindahan bisa membuat taman secara mandiri,”ujarnya.


Poin penentu lainnya, yakni keikutsertaan warga. Dalam hal ini, team penilai  menyebutkan, semakin lengkap dan semakin masif keikutsertaan warga dalam kegiatan kampung bersih makin berani maka nilainya semakin baik.


Penentu lainnya, yakni peran serta stakeholder. Umumnya, kampung yang baik itu dapat support bisa dari CSR atau dari program- program yang dijalankan.


“Artinya mereka respon pada program pemerintahan sehingga suportingnya bisa dimanfaatkan,” jelasnya.


Sementara Kepala Desa (Kades) Eko Kosasih AMK menjelaskan. Dalam giat kampung bersih yang ada di Desa Sukamantri, tentunya menjadi suatu motivasi untuk kita semua dan untuk menjadi keseharian kita budaya membangun masyarakat Desa Sukamantri lebih bersih.


"Saya berharap adanya giat kampung bersih menjadi motivasi keseharian masyarakat Desa Sukamantri menjadi kampung bersih lebih berani,ucap Kades Eko Kosasih AMK.

Lanjut, dengan waktu yang sangat luar biasa tapi kami percaya diri dengan mempunyai masyarakat yang mempunyai lingkungan yang sehat dibanding dengan daerah sana yang sudah mengandung terkontaminasi dengan polusi.


"Alhamdulillah di tahun yang lalu ada dorongan motivasi dari pemerintah Kabupaten Desa Sukamantri masuk katagori ke 3 tiga lomba kampung bersih makin berani,"tambahnya.


Adapun beberapa tempat yang kita tinjau walaupun sederhana seperti ini lah keadaan Desa Sukamantri kebetulan ada tiga dusun dari 12 RT, adapun lokasi yang akan kita tinjau di wilayah Dusun III Kampung Pulo Damar.


"Lokasi kali ini yang kita tinjau diwilayah Dusun III Kampung Pulo Damar,"pungkasnya.


Adapun yang hadir dari team penilai lomba Kampung Bersih Makin Berani, terdiri dari. Dinas Lingkungan Hidup ( DLH). Kabupaten Bekasi, Satpol PP Kabupaten Bekasi Camat Tambelang Anggota Polsek Tambelang dan anggota Koramil Kecamatan Tambelang.


(Iyus Kastelo).

×
Berita Terbaru Update