-->

Notification

×

Iklan

Iklan

STTIMASS Gelar Kuliah Umum Hadirkan Kapolres Kepulauan Tanimbar Sebagai Narasumber

30 Agustus 2023 | 5:07:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-30T12:58:31Z

 

JURNALINVESTIGASI.com, SAUMLAKI - Sekolah Tinggi Teologi Injili Mahkota Sion Saumlaki (STTIMASS) menggelar Kuliah umum di lingkungan perguruan tinggi dengan menghadirkan Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya S.I.K sebagai narasumber, yang memiliki latar belakang pendidikan dibidang keamanan, dibawa sorotan Tema:”Tugas Polri Dalam Menjaga Kamtibmas Menjelang Pemilu”.

Seperti diketahui, Kuliah umum memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa untuk belajar tentang topik-topik yang mungkin tidak dijelaskan dalam kurikulum biasa. Ini pun dapat membantu dalam pengembangan pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas, di lingkungan masyarakat secara umum.

Dengan Menghadirkan Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya S.I.K sebagai pembicara yang memiliki keahlian di bidangnya dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa STTIMASS untuk terus mengejar tujuan mereka. Pengalaman dan cerita sukses pembicara dapat merangsang semangat belajar dan pencapaian visi dan misi perguruan Tinggi.

Pendiri Yayasan Solagracia Pdt. Yusak Weriratan, M.A, M.Pd.K bertindak sebagai moderator, dan  Kapolres Kepulauan Tanimbar AKPB Umar Wijaya, S.I.K sebagai narasumber dalam memberikan meteri kuliah umum tentang Kepolisian.

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya S.I.K menjelaskan, peran dan tugas Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum menjelang pemilu 2024 mendatang di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan alat negara, berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya stabilitas keamanan menjelang pemilu 2024 mendatang.

"Itu sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,"terang Kapolres saat memberikan materi kuliah di Kampus STTIMAS. Senin (28/08/2023).

Kapolres juga menjelaskan terkait dengan pelanggaran yang sering terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar menjelang pemilu diantaranya, perkelahian antara pendukung para Paslon atau calon yang saling menjatuhkan apalagi telah terpengaruh alkohol, dimana ini akan mengganggu kamtibmas. Ungkapnya.

"Diharapkan kepada mahasiswa STTIMASS agar jangan cepat terprovokasi dengan isu atau berita hoax sehingga dapat mengganggu kamtibmas, namun sebaliknya mahasiswa dapat memberikan edukasi yang positif kepada masyarakat Tanimbar menjelang pemilu mendatang, hal itu juga sangat membantu pihak Polri dalam pelaksanaan tugas untuk tetap menjaga stabilitas yang kondusif di tengah-tengah masyarakat atau kamtibmas,"jelasnya.

Kapolres Kepulauan Tanimbar usai memberikan materi kuliah umum, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terlihat seluruh mahasiswa dan dosen yang hadir dalam kegiatan kuliah umum tersebut, sangat antusias dan mendukung sepenuhnya program yang akan dilaksanakan oleh Polres Kepulauan Tanimbar. Berbagai pertanyaan seputar tugas Polri dalam menjelang Pemilu tahun 2024 itu, dapat dijelaskan dengan baik dan dipahami oleh seluruh mahasiswa.

Secara terpisah, Ketua Sekolah Tinggi Teologi Injili Mahkota Sion Saumlaki (STTIMASS) Godfried D. Labatar,SE.,M.Pd mengatakan, Kuliah umum yang dilaksanakan dan menghadirkan Kapolres Kepulauan Tanimbar sebagai narasumber ini, untuk menambah pengetahuan terbaru, penelitian, dan pandangan terhadap tema yang menjadi sorotan utama. Ini dapat membantu dalam memperluas wawasan dan kebaruan pengetahuan di lingkungan perguruan tinggi STTIMASS.

Kuliah umum yang dilaksanakan ini juga, dapat berfungsi sebagai cara bagi perguruan tinggi STTIMASS untuk dapat memperkenalkan diri kepada masyarakat umum dan calon mahasiswa.

Ini dapat meningkatkan citra dan daya tarik perguruan tinggi. Menghadirkan topik yang relevan dengan masalah sosial atau ekonomi dapat membantu perguruan tinggi berfungsi sebagai penghubung antara dunia akademis dan masyarakat, yang lebih fokus pada pengembangan keterampilan tertentu, seperti keterampilan kepemimpinan, kreativitas, dan berbicara di depan umum serta membantu Kepolisian dalam mewujudkan Kamtibmas saat menjelang momentum pemilihan umum pada tahun 2024 mendatang. Tutupnya.

Penulis : Nik Besitimur

×
Berita Terbaru Update