-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sosialisasi dan Kampanye Program Tuberkulosis. Putih Sari: Diduga 900 ribuan Penduduk Indonesia Menderita TBC

27 Agustus 2023 | 12:00:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-27T05:04:27Z

 


Bekasi. Jurnal Investigasi.com - Acara Sosialisasi dan Kampanye Program Tuberkulosis Gerakan Masyarakat Hidup Sehat(Germas). Bersama Drg. Putih Sari Anggota DPR RI Komisi IX . Di Desa Sukakarya Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Pada Sabtu (26 Agustus 2023).



Acara dihadiri Drg. Putih Sari Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Partai Gerindra.

Sulistiyo Dari Kementrian Kesehatan Rebublik Indonesia. Ahmad Nurfallah Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Yudi Komarudin Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Muhadi Kaur Kesra Desa Sukakarya.



Ridwan Arifin Caleg DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi Partai Gerindra. Pery Budiarti Tenaga Ahli Putih Sari. Darissalam Caleg DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi Partai Gerindra. Tokoh agama Tokoh pemuda. Jajaran pengurus Gerindra Se-Kecamatan Sukakarya. Para peserta sosialisasi dan kampanye program Tuberkulosis.



Acara diawali sambutan dari Kementerian Kesehatan Rebublik Indonesia, yang berharap semua informasi yang disampaikan narasumber yang berhubungan dengan TB bisa didengar bisa dihayati dan dibawa dalam kehidupan sehari-hari, 



"karena kita tahu bahwa Indonesia merupakan no 2 tertinggi untuk TB yang ada, kita tidak tahu apakah diri kita sudah ada kuman TB nya atau tidak, jadi mohon nanti didengarkan bisa dilaksanakan dan bisa mencegah terjadinya penularan TB yang ada di masyarakat desa ini, itu saja yang bisa saya sampaikan terimakasih, "harap Sulistiyo.



Sambutan selanjutnya di sampaikan Putih Sari, dikatakannya kalau pertemuan hari ini bagian dari ikhtiar, untuk bersama-sama selalu menjaga kesehatan. Dirinya sebagai anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, yang memang mendorong menteri kesehatan untuk selalu melakukan upaya kesehatan masyarakat dan juga menekan angka kesakitan, terhadap beberapa penyakit yang hari ini masih tinggi di Indonesia salah satunya yaitu penyakit tuberkulosis atau TBC.



"Puji syukur tentunya kita sampaikan ke Hadirat Ilahi Robbi atas berkenannya saya hari ini kita dapat berkumpul bisa silahturahmi semua nya sehat ya bapak ibu ya Alhamdulillah, nikmat sehat yang diberikan kepada kita tentunya patut kita syukuri karena sehat itu mahal nggak ada nilainya, makanya harus kita syukuri tapi juga harus di ihktiarkan supaya bisa tetap sehat ya, makanya pertemuan hari ini bagian juga dari ikhtiar, ihktiar kita bersama untuk kita bisa bersama sama selalu menjaga kesehatan kita semua, "ucapnya.



Lanjut Putih Sari. Sholawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, bapak dan ibu sekalian saya berdiri disini pada hari ini sebagai anggota komisi IX DPR RI mewakili bapak ibu semua di DPR RI Pusat dari Fraksi Partai Gerindra, yang mendorong kementerian kesehatan untuk selalu melakukan upaya peningkatan kesehatan masyarakat, termasuk tentunya juga menekan angka kesakitan terhadap beberapa penyakit yang hari ini masih cukup tinggi di Indonesia salah satunya ya ini penyakit tuberkulosis atau TBC.


Masih kata anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Partai Gerindra, Jadi TBC ini bapak ibu sekalian kita secara dunia Indonesia itu peringkat ke 2, pertama India ke 2 nya Indonesia ke 3 nya ada China, bukan karena hal yang bagus tapi hal yang buruk justru, karena angka TBC kita justru malah diatas negara China. Di Indonesia kurang lebih ada 900 ribuan penduduk Indonesia yang diduga menderita penyakit TBC, "ungkapnya.



Menurut Putih Sari. Penemuan kasus tuberkulosis TBC ini sempat terkendala karena covid, tapi terakhir meningkat lagi angka penekanan untuk tuberkulosis menjadi 700 ribu, angka yang tercatat itu tentu juga masih perlu upaya masih perlu usaha untuk pengobatan, karena kalau sudah terkena TBC pengobatan nya perlu waktu yang lama harus sabar mengobati nya dan memerlukan obat yang banyak.



"TBC masih bisa disembuhkan Tapi penyakit TBC itu bapak ibu sekalian yang udah ada obatnya jadi bisa sembuh, jadi jangan khawatir jangan malu kalau ada keluarga atau dirinya sendiri terdeteksi menderita penyakit TBC. Karena kan TBC ini sama penularan nya dengan covid melalui percikan air liur, ini mudah tertular ke manusia jadi sangat banyak dan sangat mudah penularan nya, jadi kalau sudah terkena itu bukan penyakit aib jadi jangan malu lapor ke puskesmas jangan diam ajah supaya bisa di tangani, "harapnya.



Mengakhiri sambutannya Putih Sari langsung yang membuka acara tersebut. "Baik dengan mengucap "bismillahirrahmanirrahim sosialisasi dan kampanye program Tuberkulosis gerakan masyarakat hidup sehat pada hari ini tanggal 26 Agustus 2023 di kecamatan Sukakarya dinyatakan di buka". " Pungkas Putih Sari.


Sebagai acara terakhir yaitu penyampaian sosialisasi dan kampanye program tuberkulosis. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.


M. Adin


×
Berita Terbaru Update