-->

Notification

×

Iklan

Iklan

SMTK Sola Gratia Saumlaki Melaksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer

29 Agustus 2023 | 9:00:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-29T17:59:17Z

 


JURNALINVESTIGASI.com, SAUMLAKI - Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Sola Gratia Saumlaki mengelar kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diselenggarkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Selasa, (29/Agustus/2023). 

Kegiatan itu diikuti oleh 12 orang siswa/siswi, yang didampingi oleh Proktor Ulan Loiwatu, A.Md.Kom, T. Batmanlussy, S.Pd sebagai teknis dan S.M. Keimalay, S.Pd sebagai operator SMTK Sola Gratia Saumlaki, berhasil mengawal siswa/siswi tersebut dalam pelaksanaan kegiatan ANBK yang selalu mengarahkan mereka, jika ada siswa yang mengalami kesulitan.

Kepala Sekolah SMTK Sola Gratia Saumlaki Steven Weriratan,S.Sos mengatakan, Pelaksanaan kegiatan Asesmen selama 2 hari ini, terkait dengan perkembangan dan sistem yang ada pada pendidikan tidak tetap, selalu taat dan taat asas terkait dengan perkembangan yang disampaikan dari pusat kepada kami disetiap pimpinan kepala sekolah, yang dibawa naungan Kementrian Agama, diwajibkan untuk mengikuti asesmen tahun pelajaran 2023/2024.

"Kami tetap mengikuti petunjuk dan mekanisme yang disampaikan oleh pimpinan kami yang dari pusat sampai ke kabupaten. Kami telah melaksanakan gladi resik selama dua hari, mulai dari tanggal 21 dan 22 Agustus 2023 dan masuknya itu pada tanggal 28 sampai 29 Agustus 2023,"ungkapnya. 

Ditambahkan, Gladi resik asesmen yang dilaksanakan pada hari pertama mengalami kendala terkait dengan jaringan internet tetapi itu bukan servernya langsung dari pusat. Kita lakukan koordinasi dengan kanwil, dan puji Tuhan semua berjalan dengan baik.

"Puncak pelaksanaan kegiatan ini pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2023 hari pertamanya juga ada gangguan server sedikit. tapi puji Tuhan bisa berjalan dengan baik dan hasilnya tidak mengecewakan,"jelasnya. 

"Kami semua sangat senang karena hasilnya sangat  memuaskan dan semua bisa berjalan dengan baik. Jadi, harapan kami ke depan, mungkin kalau bisa pemerintah daerah bisa melihat sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar terkait dengan akses jaringan internet karena dunia sekarang sudah melaksanakan segala sesuatu secara online,"harapnya. 

"Kami butuh internet yang cukup untuk pelaksanaan asesment atau ujian-ujian lain yang secara online agar bisa berjalan dengan baik,"imbuhnya. 

Andre Yataluan SP.d, Bagian Kesiswaan  menjelaskan, dari ke 12 siswa yang terbagi atas 2 sesi, yakni sesi pertama diikuti oleh 10 siswa dan sesi kedua diikuti oleh 2 siswa. Bagian kesiswaan sangat merasa puas dengan terselenggaranya asesmen ini. Saya bersama para guru yang sangat merasa puas karena kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan berhasil. Kami pun sangat puas dengan hasil asesmen ini.

"Untuk itu, kami dari pihak SMTK Sola Gratia sangat merasa puas karena dari asesmen inilah kami bisa mengetahui bahwa, siswa/siswi kami bisa mengetahui mutu pendidikan yang bisa memotret input, proses, dan output pembelajaran secara online," pungkasnya. 

Senada dengan itu, Humas SMTK H.N. Tanate, SPd.K., MP.d mengatakan, asesmen yang sementara berjalan saat ini Saya Pribadi merasa bersyukur dengan terlaksananya Asesment ANBK. Moment ini menjembatani adanya perhatian khusus dari pemerintah dalam lingkup Provinsi khusus bagian pendidikan termasuk bagi para siswa di SMTK Sola Gratia Saumlaki.

"Semoga mutu pendidikan semakin baik dan Berkembang sama dengan Daerah-daerah di kota lain, bahkan dapat menunjukan pendidikan di SMTK bisa melangkah maju dengan kualitas pendidikan yg bermutu,"Harapnya. 

Tentunya, hal ini juga membutuhkan peran guru yang aktif dan berkreasi untuk mendampingi siswa. Bahwa belajar menjadi penting untuk menggapai masa depan, apalagi di era digital 4.0 hal ini menentang kita semua, apalagi para siswa semakin maju melangkah dengan daya pikir yang  bermuara pada karakter baik dalam wujud sikap dan tindakan. Tutupnya.

Penulis : Lodarmase
Editor : Nik Besitimur
×
Berita Terbaru Update