-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemdes Sidamukti dan DKP3 Sosialisasikan Bahaya Rabies

31 Agustus 2023 | 5:25:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-31T09:19:30Z


Majalengka, Jurnal Investigasi.com- Pemerintah Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka sosialisasikan antisipasi bahaya rabies kepada masyarakat melalui giat Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Majalengka beserta Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Rabu, 30 Agustus 2023.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Sidamukti, Kepala Dusun, Kader, dan warga masyarakat Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka (Jawa Barat).


Dalam sambutannya Bapak Karwan selaku Kepala Desa Sidamukti sangat berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat menjadikan suatu implementasi bagi masyarakat terhadap pentingnya penanganan hewan peliharaan atau terhadap hewan liar dari rabies.

Kades sidamukti, Karwan

Narasumber yang diundang pada sosialisasi ini adalah Drh. Adit dan Drh. Kresna Nurdin. Dalam pembahasan sosialisasi tersebut, narasumber menjelaskan kepada warga masyarakat desa yang hadir bahwasanya "penyakit rabies merupakan penyakit menular akut dari susunan syaraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Ditularkan oleh hewan penular rabies terutama anjing, kucing dan kera melalui gigitan, aerogen, transplantasi atau kontak dengan bahan yang mengandung virus rabies pada kulit yang lecet atau mukosa. 


Penyakit ini apabila sudah menunjukkan gejala klinis pada hewan dan manusia selalu diakhiri dengan kematian, angka kematian Case Fatality Rate (CFR) mencapai 100% dengan menyerang pada semua umur dan jenis kelamin. 


Dari penjabaran tersebut, di harapkan kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan anjing, kucing atau kera kedepannya agar dapat senantiasa memberikan perhatian khusus terutama pada hal kesehatan hewan guna mengantisipasi terjadinya rabies. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan vaksin anti rabies. Selain daripada itu yang terpenting adalah membuat mereka (hewan peliharaan) tetap jinak. (Ujar Narasumber)


Kegiatan sosialisasi ini di sambut baik oleh lapisan masyarakat, dengan harapan Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka aman dari virus rabies.


(Ivan)

×
Berita Terbaru Update