-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Proyek Pembangunan Pagar Sekolah SDN Jaya Sakti 04. Kecamatan Muara Gembong Diduga Asal Jadi

22 Juli 2023 | 5:07:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-22T12:02:19Z

Bekasi -- Jurnal Investigasi Com-Proyek Pembangunan Pagar Sekolah SDN. Jaya Sakti 04. Kecamatan Muara Gembong , Kabupaten Bekasi diduga asal jadi,"Hal itu ditandai pemasangan rangka besi pagar yang seharusnya didalam tanah tetapi pemasangan rangka besinya di atas tanah sesuai foto gambar. Pembangunan pagar yang sedang dikerjakan diduga tidak sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang ditandatangani oleh (PPTK)  dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sesuai (RAB) yang ada.

Dari pantauan, "proyek senilai Rp.(339.002.000.00) juta, "waktu pelaksanaan (120) hari kalender, dengan  panjang (150).mtr. tersebut yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TH.2023. Kabupaten Bekasi itu, Tampak pekerja sedang melakukan penggalian pondasi namun diduga tidak sesuai dengan (RAB) yang ada. Dimana penggalian hanya berkisar 15 -20 cm sehingga pagar rawan tumbang yang mengakibatkan anak- anak ketika masuk sekolah bakal tertimpa tembok pagar.



“Disitu juga, diduga pekerja menggunakan besi tidak sesuai (RAB), semisal besi untuk tiang yang semestinya menggunakan besi ukuran 12 KS (SNI) malah menggunakan besi 12 KS(SNI) banci Bahkan, pekerja juga tidak menggunakan lantai kerja,” ungkap warga setempat, Sabtu.(22/07/2023).

Apalagi, bangunan yang semestinya menggunakan sistem cakar ayam. Nyatanya tidak dikerjakan seperti yang diatur dalam RAB Proyek Bangunan. Begitu juga dengan “Sistem cakar ayam tidak sesuai di "(RAB) bangunan. Pekerjaan itu dilaksanakan oleh CV. MUNGGARAN TANDANG, dengan PG.02/02/429/SP/BN-DCKTR/2023. ungkapnya.


"Anehnya lagi sambung warga yang enggan menyebut namanya itu, bangunan pagar itu kalau benar mengikuti di (RAB), bangunan pagar sekolahnya seharusnya empat persegi, tapi ini mereka bangun dengan bentuk Leter U, dengan cara menyambung bangunan yang sudah ada, kerena bangunan didepannya sudah dibuat pagar tembok yakni oleh SDN Jaya Sakti 04...


Hal ini diduga  menandakan mereka mencuri spesifikasi bentuk bangunan yang tadinya empat persegi menjadi Leter U, sehingga kita juga sangat menyesalkan petugas (PPTK) dan (PPK) yang terkesan malas turun kelapangan begitu juga Kabid SDN, ” ada apa dibalik ini apakah mereka terlibat ”ungkapnya sambil bertanya.


Hasil konfirmasi awak media kepada (PPTK) sebagai Pejabat Pembuat Teknis Kegiatan.Sabtu. (22/07/2023) ketika disinggung kepadanya terkait pembangunan pagar SDN. Jaya Sakti 04. di duga tak sesuai (SOP).


melalui pesan singkat via WhatsApp, nya beliau Menjawab, Oke pak nanti saya sampaikan kepada (PPK) supaya segera ditindaklanjuti atas penyampaian bapak, terimakasih pak sebelumnya atas informasinya..imbuhnya ia  juga menyarankan, Konfirmasi kepada (PPK) aja pak ya…

Diakuinya pekerjaan itu harus sesuai (SOP) ujarnya, “Iya, penyedia kerja sesuai gambar dan (RAB) dan mereka diikat oleh kontrak kesepakatan yang ditandatangani oleh penyedia dan PPK” Jelasnya.

Namun ketika di tanyakan kepadanya, bahwa pekerjaan diduga tidak sesuai (SOP), dengan cerdik (PPTK). menjawab, “Nanti saya sampaikan kepada (PPK) pak ya.., katanya lagi. "Namun sangat disayangkan sampai berita ini naik ditayangkan hasil konfirmasi belum terjawab.

 (Udin).

×
Berita Terbaru Update