-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemdes Desa Mindi Menggelar Pelatihan Kapasitas Linmas Harus Memiliki Jiwa Semangat

24 Juli 2023 | 2:55:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-24T09:38:06Z

Majalengka,Jurnalinvestigasi.com - Guna menjadikan wilayah yang aman, nyaman dan tentram Kepala Desa Mindi bererta Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum menjalin kerjasama dengan pihak terkait salah satunya dengan Pihak Koramil Leuwimunding dan Pihak Polsek Leuwimunding dalam pelatihan meningkatkan kapasitas Linmas Desa Mindi Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Linmas sendiri sangat berperan penting dalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahanan sipil saja.

Agar Linmas memiliki kapasitas yang baik dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah Desa Mindi.
Pemdes Mindi mengadakan pelatihan untuk Linmas Penanggulangan Bencana Kebakaran  bertujuan memberikan edukasi cara penanggulangan bencana kebakaran.
Bertempat di hutan Tenjo desa Mindi  Senin, (24/07/2023).

Pengertian Peraturan Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan warga serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana dan mengurangi akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan bantuan masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam sambutannya Kepala Desa Mindi Suhanda mengatakan dengan adanya pelatihan ini linmas  bisa berperan penting dalam melaksanakan tugas di masyarakat dengan baik.

“Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan ilmu tentang penanggulangan bencana kebakaran agar linmas  bisa berperan aktif bisa menanggulangi dengan secepatnya” tutur Kades.

Pada pelatihan dan pembinaan linmas diberikan beberapa materi yang terkait cara penanggulangan bencana kebakaran dan  Materi sosialisasi undang-undang dan tugas atau peran Linmas oleh Camat Leuwimunding  selaku narasumber dan Bhabinkhamtibmas dan Babinsa.

Camat Leuwimunding Aay kandar Nurdiansyah, S.STP mengatakan,
“Sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu Bhakhamtibmas dan Babinsa dalam menciptakan ketentraman dan kenyamanan di wilayah, saling bersinergi antara masyarakat sipil dengan POLRI dan TNI. Karena kenyamanan dan penahanan merupakan kunci utama dalam bermasyarakat agar tidak menimbulkan perselisihan dan konflik satu sama yang lainnya." Ucapnya.


Editor: Herdis Muhammad Noer 

×
Berita Terbaru Update