-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dua kepala desa Labuhanbatu Inspirasikan Pikiran Dalam Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa 2023.

21 Juli 2023 | 7:59:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-21T12:59:34Z


Labuhanbatu _Jurnal Investigasi. Com. 

Dua kepala desa kabupaten Labuhanbatu Inspirasikan Pikiran dalam Pelaksanaan Pengelolaan keuangan dan pembangunan desa dalam sesi tanya jawab pelaksanaan workshop evaluasi pengelolaan dan pembangunan desa tahun 2023 kepada Komisi XI DPR RI Gus Irawan dan BPKP di ruang data Kabupaten Labuhanbatu Jumat 22/7/2023.

Sesi Pertanyaan yang disampaikan Kepala Desa Mandiri Sei tampang Asmui pada kesempatan itu meminta agar Pengaturan Alokasi Posko penggunaan besaran ℅ rase dana tidak ditentukan oleh Kemendes seperti halnya dana BLT sebesar 40 ℅ dari dana desa merupakan kesulitan dalam pengelolaannya sehubungan Jumlah masyarakat belum tentu mencapai jumlah dana yang disiapkan tersebut. 


Selain itu juga Asmui menyinggung dana perjalanan desa untuk hal mendesak/yang tidak terduga, karenanya jika ada perjalanan desa yang sudah diprogramkan sebaiknya dimasukkan pada rencana Alokasi Penggunaan anggaran dana desa. 

Pihaknya juga (Asmui_red) mempertanyakan kucuran dana bersumber dari Provinsi apakah bukan merupakan kewajiban, sehubungan diketahui dana bersumber dari dana provinsi yang ditargetkan Mencapai Rp 120 juta / desa itu tidak pernah tersalur pada sejumlah desa se Kabupaten Labuhanbatu." Terangnya. 

" Penetapan 40 ℅ dana desa sebagai BLT belum tentu sesuai dengan Kondisi warga didesa, termasuk dana Oprasional desa yang direncanakan sebaiknya dicantumkan dalam anggaran, agar dana yang telah di tentukan itu dapat digunakan sebagai dana pada saat hal mendesak, serta dana kucuran provinsi apakah bukan suatu kewajiban, sehingga dana tersebut tidak pernah tersalurkan di seluruh desa di Labuhanbatu dan berbeda dengan di daerah lain kita ketahui bahwa dana dari provinsi untuk desa itu ada tersalur" Papar Asmui. 

Demikian pula yang disampaikan Kepala Desa Sennah Horas Lumban gaol bahwa pihaknya meminta agar Lindungi para Kepala Desa dalam penggunaan anggran desa sehubungan setiap Pencairan termin dana desa Pihak desa banyak kedatangan tamu, termasuk APH, lain lagi Dumas, dan sebagainya, kiranya dana untuk hal tersebut dapat menjadi Perhatian." Terang horas Lumban gaol. 

" Tolonglah Pak Lindungi kami, setiap pencairan dana kami selalu banyak tamu, dari pemerintahan, APH, termasuk terkait Dumas,dan sebagainya"

Menyikapi  inspirasi yang disampaikan Dua kepala desa tersebut DPR RI komisi  XI yang sengaja turun ke kabupaten Labuhanbatu Gus Irawan berjanji akan membawa Inspirasi ini dan akan membahasnya dalam upaya Pematangan tekhnis Pembangunan desa dengan Pemanfaatan anggaran dana desa secara maksimal," Terangnya. 

" terima kasih kepada bapak asmui sebagai kepala desa Sei tampang ,Begitu juga dengan bapak Horas hutagaol selaku kepala desa Sennah atas inspirasi dan usulan yang Bapak sampaikan dan hal ini akan saya bawa menjadikannya sebagai pertimbangan dan pembahasan di DPR RI mendatang." Tutup nya. 
(MJI/Rahmat fajar sitorus) 
×
Berita Terbaru Update