-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Aksi Heroik Aipda Moh Ubay Sobandi Bantu Mengevakuasi ODGJ Yang Meresahkan Warga

10 Maret 2023 | 8:13:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-10T13:13:48Z
Majalengka, Jurnal Investasi.com - Kesigapan anggota Polsek .Leuwimunding dalam melayani masyarakat, seperti halnya yang di lakukan oleh Aipda Moh. Ubay Sobandi anggota Bhabinkamtibmas Polsek Leuwimunding Polres Majalengka yang  membantu evakuasi warga Masyarakat  yang terkena gangguan jiwa (ODGJ) untuk dibawa ke rumah sakit, 
Jum'at (10-03-2023).

Salah satu warga Desa Lame Blok  Rabu RT 03 RW 01 Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka  Jawa Barat.
Aan Kustarlan salah satu warga yang mengalami gangguan jiwa atau yang lebih di kenal dengan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk segera di evakuasi menuju Rumah Sakit. Agar supaya cepat di lakukan penanganan pengobatan di Rumah Sakit Sumber Waras Kabupaten Cirebon.

"Menurut Aipda Moh Ubay Sobandi evakuasi ini, terhadap (ODGJ) tersebut dilakukan karena orang tersebut sering mengamuk kepada Masyarakat bahkan kalau lagi ngamuk sering membawa senjata tajam dan batu sehingga keluarga dan warga masyarakat yang ada di sekitar rumahnya, merasa ketakutan, dan membahayakan pula bagi keselamatan warga.

Kamis malam  tadi bersama dengan  Dinas Sosial Kabupaten Majalengka dan satpol PP Kecamatan Leuwimunding dibantu dengan Masyarakat  akhirnya berhasil menangkapnya dan langsung mengevakuasi saudara Aan Kustarlan  untuk di bawa ke Rumah sakit untuk di lakukan perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit." Kata Aipda Moh. Ubay Sobandi.

Menurut Keterangan warga Asnawi  mengatakan kepada Jurnal Investigasi, Aan Kustarlan itu semasa kecilnya terserang penyakit panas Atau tipes dan sering sakit-sakitan, dia  mengalami penyakit gila itu baru terasa sekitar enam bulanan, 

"Dulunya mah ga seperti itu tapi sekarang yang lebih mengkhawatirkan. Sering ngamuk-ngamuk  membawa golok dan batu. Bahkan Pernah saudaranya juga pernah ditimpuk dengan batu." Ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Leuwimunding Iptu Budi Wardana menyambut baik langkah yang di ambil oleh anggotanya dan memberikan apresiasi dalam usaha mengevakuasi terhadap orang dalam gangguan jiwa di wilayahnya hukumnya, agar bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik dari Rumah Sakit.

“Upaya evakuasi ini sangat membantu sekali khususnya dalam bidang pengamanan dan keamanan untuk pasien maupun orang lain, dan apabila ada warga masyarakat sekitar  yang mengalami gangguan jiwa agar supaya cepat-cepat melaporkanya kepada kami dan kami juga menghimbau kepada Masyarakat kalau ada orang yang terserang gangguan jiwa itu jangan di pasung.

Apabila orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) untuk segera melaporkan ke Polsek Leuwimunding dan dinas sosial agar tindakan langkah-langkah dan penanganan  yang tepat." Ungkapnya.

Editor: Herdis Muhammad Noer 
×
Berita Terbaru Update