-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tumbuhkan Semangat Gotong Royong dan Menjadi Kearifan Lokal, Sinergitas TNI - Polri Bersih - Bersih di TPU Desa Wanahayu

25 Februari 2023 | 7:49:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-25T12:51:40Z



Majalengka.mediajurnalinvestigasi.com-Kegiatan Bersih - Bersih ini dilaksanakan dalam rangka untuk menumbuhkan semangat Gotong Royong dan juga menjadi Kearifan Lokal, Kali ini Jajaran Polsek Maja Polres Majalengka Polda Jabar bersama Koramil Maja serta Pemdes Wanahayu juga Warga Masyarakat melakukan Bersih bersih di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Wanahayu Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Sabtu (25/2/2023).

Muara tujuannya sudah jelas, Polisi sebagai pemegang amanah pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat harus intens menjalin koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai komponen sosial kemasyarakatan untuk jaga dan kawal harkamtibas bersama.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Maja IPTU Kennedy Joko Lelono mengatakan, terkait amanah tugas berbasis layanan prima, itu ditindak lanjuti dengan lugas oleh  Polsek Maja Polres Majalengka. 

Seperti kali ini anggota Polsek Maja Polres Majalengka turun Kelapangab bersama unsur TNI,Pemdes dan Warga Masyarakat melakukan Gotong royong membersihkan TPU.

Termasuk peka dan tanggap menyelesaikan setiap persoalan yang timbul di tengah masyarakat. Dengan cara persuasif berbasis edukatif. “Karenanya, anggota (Polisi) harus rajin berbaur di tengah masyarakat,” pesan IPTU Kennedy.

"Kami ajak warga untuk gotong royong bersama membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) ini"ungkapnya.

Tujuannya, agar kearifan ekosistem alam di sekitar makam terlihat rapi, bersih dan tidak terkesan angker. Sebelumnya, kondisi diseantero lokasi TPU terkesan kumuh tak terawat. Selain penuh semak belukar, juga dipadati oleh sebaran rumput panjang.

Ada juga potensi ancaman bahaya dari binatang melata. Seperti ular, lipan, ketonggeng dan scorpion, “Sikon semacam ini, jadi menyiratkan kesan tidak ramah lingkungan,” beber IPTU Kennedy.

Setelah kerja bakti selesai, kondisi TPU di Desa Wanahayu, tampak rapi, bersih dan tak terkesan angker lagi. 

Imbasnya, warga tidak lagi merasa risih dan gamang jika melakukan ziarah kubur.” Yah, Kearifan ekosistem alam seputar TPU sudah berubah jadi kawasan yang nyaman dan teduh,” pungkas Kapolsek.

(DRH)

×
Berita Terbaru Update