-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Masalah Sampah di Kota Rantau Perapat Tak Kunjung Terselesaikan.Tak Luput Kesadaran Masyarakat

15 November 2022 | 12:03:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-15T05:16:20Z



Labuhanbatu_ Jurnal Investigasi. Com. 

Terpantau pada sejumlah titik di pinggiran Poros Jalan Lintas Kota Rantauperapat  selasa 15/11/2022 masih banyak tumpukan sampah yang tidak terkaper Oleh dinas terkait. 

Entah apa lagi rencana kerja yang akan diambil untuk mengentaskan masalah Sampah di labuhanbatu, namun terpantau sampai saat ini masalah sampah belum menunjukkan Perubahan-Perubahan diperkirakan karena rendahnya nilai sosialisasi yang dilakukan Pemerintah terhadap masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. 


Terkait masih terdapatnya sejumlah tumpukan sampah di sekitaran kota  Rantauperapat mengatakan bahwa Permasalahan sampah terjadi stiap daerah termsuk labuhanbatu.
Upaya2 sdh dilakukan berdasarkan 1.Kebijakan2 ,Perda No.8 thn 2017 Tentang Pengelolaan Sampah
2.Perbub no.48 tahun 2021 tentang pendelegasian sebagian wewenang pengelolaan sampah.
3.Edaran Bupati No. 19 Jumat Gotong Royong kepada para camat.
4.Membuat papan pengumuman himbauan pada titik jalan,lokasi tempat sampah "liar".
5.Sejak tahun 2017 Labuhanbatu sudah membuat Bank Sampah 
6.DLH sudah sinergi dengan instansi terkait sosialisasi pengelolaan sampah,lingkungan bersih dan sehat., " Terangnya 

Lebih lanjut dikatakan Rusli siregar bahwa yang menjadi kendala masih rendahnya prilaku masyarakat pada kesadaran hidup bersih dan sehat dibuktikan banyaknya oknum2 yg ditangkap buang sampah sembarangan.,"cetus nya sembari berharap agar kita tanamkan kepada setiap orang ,setiap kita mengaplikasikan " sampahku tanggung jawabku" Sehingga.Setiap orang memilah sampah dari rumah masing masing. 
2.Setiap orang berbelanja tidak menggunakan kantong plastik.
3.Setiap OPD, rapat tidak menggunakan bahan pelastik atau menghasilkan sampah.


Menyikapi kondisi Sampah tersebut dikatakan Dariter Ritonga selaku Pemerhati sosial , mengatakan bahwa Pemerintah tidak Perlu hanya sibuk rapat Soal Sampah, yang Paling Penting itu Penangannnya   berdasarkan tehnik kerja serta kelengkapan alat Pendukung kerja dalam penanganan sampah.tidak tertutup kemungkinan Pemerintah labuhanbatu menyiapkan anggaran untuk kelengkapan alat dan kesiapan alat kerja yang sehat, " Ucap nya.  

itu Perlunya Pemerintah untuk tidak bosan Mensosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat sadar akan buruknya dampak membuang sampah sembarangan, sekaligus Pemerintah labuhanbatu agar melakukan Patroli Rutin ditempat yang dilarang buang sampah, sehingga dengan sendirinya kebiasaan buruk dapat terminimalisir." Tandasnya. (MJI/R fajar sitorus) 

×
Berita Terbaru Update