-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Inovasi dan Kreativitas Kepala Desa Adalah Kunci Kemajuan Desa

23 Juni 2022 | 1:31:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-23T06:31:04Z

Majalengka.mediajurnalinvestigasi.com-Kepala Pemerintahan Desa Sidamukti kecamatan Majalengka kabupaten Majalengka memberikan penekanan arti dan pentingnya sebuah inovasi dan kreativitas menjadi kunci penting bagi kepala desa, utamanya dalam memajukan daerahnya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Karwan selaku kepala desa sidamukti saat diwawanvarai wartawan mediajurnalinvestigasi.com di tempat kantor kepala pemerintahan desa Sidamukti, Kamis, (23/06/2022).

Menurut Karwan, para kepala desa mempunyai peran luar biasa untuk menggerakan seluruh sumber daya yang ada. “Inovasi dan kreativitas menjadi sangat penting dalam pengelolaan sumber daya di wilayahnya masing-masing,” tegasnya.

Karwan menambahkan, bahwa inovasi dan kreativitas bisa mendorong kepala desa mampu mengidentifikasi, memetakan dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di desanya. Sebab, ketika berhasil mengidentifikasi, memetakan dan memaksimalkan potensi maka akan dapat berhasil mensejahterakan masyarakatnya.

“Banyak upaya yang dapat dilakukan kepala desa untuk memajukan desa. Diantaranya melalui beberapa skema yaitu Desa Wisata, Desa Devisa, Desa UMKM, Desa Digital, dan Desa Ekonomi Kreatif,” terangnya.

“Beberapa desa yang telah maju dan berdampak pada penurunan angka kemiskinan di wilayahnya itu atas peran kepala desanya. Seperti di desa Sidamukti sendiri yang saya kepali pemerintahannya, dan desa-desa lainnya yang ada di kabupaten majalengka yang sudah menjadi sebagai desa Devisa,” ungkap Karwan.

Dengan ciri khasnya tersenyum diakhir pembicaraannya Karwan mengatakan bahwa peran kepala desa sangat luar biasa untuk kemajuan kita bersama. Saya harap capaian yang telah diraih saat ini mohon untuk dipertahankan. Salah satunya dengan membangun egalitarianisme diantara para pimpinan di level desa,  pungkasnya.

(Enok Sri H)

×
Berita Terbaru Update