-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hari jadi Majalengka ke-532 Momentum Bangkit Menuju Majalengka Raharja

07 Juni 2022 | 8:02:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-07T13:02:26Z



Majalengka,Jurnal Investigasi com -Pemerintah Kabupaten Majalengka hari ini memperingati Hari Jadi yang ke-532,  dengan menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Peringatan Hari Jadi Majalengka, bertempat di Pendopo Gedung Negara, Rabu (07/06/2022).


Kegiatan yang di hadiri perwakilan provinsi Jawa Barat,  para bupati di wilayah tiga cirebon dan kunci bersama,  Wakil Bupati,  Forkopinda,  para Kepala OPD,  Camat dan Kepala Desa,  tokoh masyarakat,  mantan bupati dan undangan.


Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam memperingati Hari Jadi Majalengka ke-532 diawali dengan penyerahan Pataka Lambang Kab.Majalengka dari gedung DPRD menuju Pendopo Gedung Negara oleh Paskibraka diiringi penyambutan upacara adat daerah dengan menampilkan beberapa kesenian asli khas daerah Majalengka.


Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kab.Majalengka, Drs. H. Edi Anas Junaedi, MM. menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi Majalengka tertuang dalam Peraturan Daerah Kab.Majalengka No.05/OP/013/PD/1982 bahwasanya telah ditetapkan Hari Jadi Majalengka diperingati setiap tanggal 7 Juni. Pada hari jadi Majalengka yang ke 532 ini kita patut bangga atas raihan prestasi yang diraih jajaran Pemerintahan Kabupaten Majalengka yaitu dengan dianugerahkannya penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke sembilan kalinya secara berturut-turut atas laporan keuangan Pemda Majalengka tahun anggaran 2021-2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, hal ini menunjukkan adanya konsistensi dan kepatuhan atas aturan-aturan dalam penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka dan semoga keberhasilan dan kesuksesan yang diraih tahun ini terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya, dan diharapkan akan mampu mendorong kesempatan terwujudnya Majalengka yang Raharja.


Ketua DPRD menambahkan, peringatan Hari Jadi Majalengka ke-532 tahun 2022 mengusung tema "Bersama Bangkit Lanjutkan Majalengka Raharja", adapun makna tema Hari Jadi ini tersebut yakni kata bersama mengandung arti Pemda menggandeng masyarakat Majalengka untuk bersama-sama melewati pandemi menuju endemi Covid-19, kata Bangkit syarat makna ditengah masa pandemi menuju endemi Covid-19 Pemkab Majalengka memupuk optimisme pada masyarakat untuk bisa bangkit dari berbagai sektor terutama sektor ekonomi dan melanjutkan menuju Majalengka Raharja.


"Semoga peringatan Hari Jadi Majalengka ini tidak hanya sebatas ceremonial dan agenda rutin saja akan tetapi harus dijadikan momentum dalam rangka meningkatkan kesadaran, kepedulian dan rasa tanggung jawab bagi kita bersama terhadap kemajuan daerah,dengan memperingati Hari Jadi kita dapat melakukan introspeksi diri untuk kemajuan daerah di masa yang akan datang," ucap Ketua DPRD.


Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., menyampaikan, melalui peringatan Hari Jadi Majalengka ke-532 tahun 2022 mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk bergandeng tangan bersama-sama bangkit dari suatu keadaan memperihatinkan karena dampak Covid-19 menuju keadaan Majalengka yang lebih Raharja serta momentum ini harus menjadi komitmen bersama melanjutkan program Majalengka Raharja yang sempat terhambat karena terkendala Covid-19.


Masih dikatakan Bupati, adapun gambaran target dan capaian indikator makro pembangunan Kab.Majalengka saat ini adalah pada Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kab.Majalengka tahun 2018 sebesar 6,48% dan ditargetnya pada tahun 2023 meningkat menjadi 6,67%, sementara itu capaian selama 3 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2019 berada di atas rata-rata LPE Nasional dan LPE Jawa Barat yaitu 7,77%, sementara ditahun 2020 akibat adanya pandemi Covid-19 semuanya mengalami penurunan namun LPE Majalengka masih positif di 0.89%, sedangkan di tahun 2021 LPE Kab.Majalengka mengalami peningkatan dari tahun 2020 yaitu sebesar 4,75%, pencapaian ini menempatkan LPE Majalengka tertinggi ke dua diantara Kab/Kota di Provinsi Jawa Barat. Pada tingkat pengganguran Terbuka (TPT) pada tahun 2020 sedikit mengalami kenaikan dai tahun sebelumnya sebesar 5,87 akibat pandemi Covid-19 namun di tahun 2021 mengalami penurunan menjadi 5,71%, kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kab.Majalengka setiap tahunnya mengalami kenaikan yakni pada tahun 2020 pada 67,59 poin dan pada tahun 2021 menjadi 67,81 poin.


"Sebagai wujud nyata keseriusan kami dalam meningkatkan pelayanan publik dan reformasi birokrasi, selama kurun waktu tahun 2021 sampai saat ini, pada masa kepemimpinan kami sudah meraih sebanyak 57 penghargaan dengan rincian pada tahun 2021 sebanyak 36 penghargaan dan tahun 2022 sebanyak 21 penghargaan, semoga dengan diraihnya berbagai penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk memberikan yang lebih baik bagi masyarakat Majalengka guna mewujudkan Majalengka Raharja, atas nama pimpinan Pemerintah Daerah Kab.Majalengka kami menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Majalengka atas diperingatinya Hari Jadi Majalengka ke-532, Dirgahayu Bumi Sindang Kasih semoga semakin Sugih Mukti Bagja Raharja," pungkas Bupati.(*)



×
Berita Terbaru Update