-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Cisetu Alokasikan Dana Desa Tahap Dua Ke Kebutuhan Pangan Serta Pengaspalan Jalan Blok

06 Juni 2022 | 9:46:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-06T14:48:45Z

Majalengka.mediajurnalinvestigasi.com- Beberapa dari kementerian sibuk melakukan perencanaan dan pengalokasian anggaran-anggaran untuk tahun 2022. Dengan Dana Desa tetsebut seluruh desa umumnya di kabupaten majalengka dan khususnya di desa Cisetu Kecamatan Rajagaluh yang dikepalai oleh Iwan kriswana merasa sangat terbantu dengan kucuran Dana Desa tahun 2022 saat ini.

“Secara lengkap Penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2022 diprioritaskan pada tiga poin yaitu pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan nonalam sesuai kewenangan desa”. Tutur Iwan selaku kepala pemerintahan desa cisetu.

Ditambahkannya pula oleh Iwan Kriswana bahwa salah satu prioritas penggunaan Dana Desa yang disesuaikan adalah pemenuhan kebutuhan ketahanan pangan nabati dan hewani sebagai bagian dari pelaksanaan kebijakan nasional, Prioritas Dana Desa ini tidak jauh berbeda dari tahun 2021. Hal tersebut disebabkan kondisi pandemi yang masih terjadi di Indonesia meskipun telah ada penurunan kasus Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir.

Hal yang dilakukan oleh desa Cisetu dengan Dana Desa dialokasikan kepada kebutuhan ketahanan pangan dalam pertanian serta pengaspaln jalan gang atau blok sekitar 1000 km².

Selain hal-hal yang sudah dialokasikan sebelumnya, Kepala Pemerintahan Desa Cisetu tetap mengingatkan bahwa secara umum dana desa ini digunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat.  Iwan Kriswana berpesan agar dana desa ini benar-benar bermanfaat dan ada wujud nyata, tidak harus dalam bentuk bangunan tapi bisa dalam bentuk berkurangnya warga miskin atau naiknya taraf hidup masyarakat, tukas Iwan.

Diakhir pembicaraanya Iwan menyatakan bahwa dengan penggunaan dana desa sudah harus mampu memamerkan, menunjukkan outcomenya, ada berapa warga miskin biasa yang terentaskan, berapa persentase pertumbuhan ekonomi warga desa, berapa persen pengangguran desa dapat tertangani hingga seberapa besar kontribusi dana desa menahan kekurangan-kekurangan yang harus dituntaskan dalam pembangunannya serta kesejahteraan masyarakatnya, dan prioritas penggunaan Dana Desa selalu diatur setiap tahun sebelum masuk pada tahun anggaran baru sesuai dengan kondisi yang terjadi, pungkas Iwan kepala Pemerintahan Desa Cisetu kecamatan Rajagaluh kabupaten Majalengka. (drh).

×
Berita Terbaru Update