-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Adanya Kegiatan Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Masyarakat Desa Jayabakti Apresiasi Atas Kinerja Kelompok Tani

24 Juni 2022 | 7:42:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-24T12:42:08Z


Bekasi,Jurnal Investigasi.com -Dengan Adanya Kegiatan Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Masyarakat Desa Jaya Bakti Sangat Apresiasi Atas Kinerja Kelompok Petani

 

Program percepatan pengguna tata guna air irigasi (P3TGAI) ,Sumber Dana (APBN) TA.2022 Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar wilayah Sungai Citarum,yang di kerjakan Dengan Swakelola para kelompok Petani yang Berada di Wilayah Desa Jaya bakti  kecamatan Cabang Bungin kabupaten Bekasi Jabar. Patut Di Berikan apresiasi. Oleh masyarakat sekitar.


Kegunaan pembangunan irigasi yang tak lain bertujuan untuk peningkatan hasil petani , untuk meningkatkan penghasilan yang melimpah. selain pemberian pupuk  penggemuk untuk kesuburan tanaman , obat pembasmi hama ,tentunya juga harus di barengi dengan saluran irigasi yang baik dan bagus ,tanpa saluran air yang baik tentunya ,jangan harap petani akan mendapatkan penghasilan Panen Padi yang melimpah ,



Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).


P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani.




Dengan mengupayakan peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Sesuai dengan permen nomor 30 tahun 2015 tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi Perlu adanya peran pemerintah dan masyarakat dalam mengelola sistem irigasi.


Dengan adanya Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Pemberdayaan ini diharapkan agar kedepannya peserta P3A mendapatkan pertukaran pengalaman dan masukkan terkait pelaksanaan tugas dilapangan. Dan juga ini menjadi suatu bentuk atau bekal dalam kesuksesan pengelolaan irigasi secara maksimal dengan penuh rasa tanggung jawab.


Bahkan Masyarakatpun Sangat Senang Dengan Adanya Kegiatan Sosialisasi Dan Pengelolaan Irigasi Secara Maksimal,Baik Ituh Para Awak Media Dan Lembaga yang Ada di Kabupaten Bekasi Selaku Kontrol Social Sangat Suka Atas kredibilitas Kerja Kualitas dan Kuantitas  Kinerja Kelompok Tani ,P3A Jayabakti pekerjaan Tersebut Sangat Memuaskan Salah Satunya Dapat Mendongkrak Image Kabupaten Bekasi Dan Pekerjaan Tersebut Sesuai Dengan Spek Dan RAB.



Di Lokasi Kegiatan Yang terpisah Silan Toan Silandak(ICANG)  salah seorang ketua kelompok tani p3A

Jaya bakti berlian mengatakan Beliau Bersyukur dengan di bangun nya saluran irigasi ini yang memang sangat di butuhkan oleh masyarakat Sekitar Yang Mayoritas Pekerjaan Masyarakat Sekitar Bekerja Sebagai Petani Yang Berada Di Wilayah Kabupaten Bekasi.


Dalam kegiatan ini saya selaku  ketua kelompok tani yang Mewakili Kelompok-Kelompok Tani Mengucapkan Banyak Terimakasih Atas Program Pemerintah pembangunan  saluran irigasi Se'Kabupaten Bekasi,dalam menjalankan kegiatan ini saya berpedoman kepada RAB  yang telah di tentukan , pekerjaan ini di kerjakan oleh kelompok tani itu sendiri memang Pekerjaan ini tidak boleh di pindah tangan kan kepada orang kedua ,dengan di kerjakan sendiri tentunya akan lebih bagus dan Lebih Epektif,dan sekaligus merawatnya sehingga pembangun ini bisa Bertahan Dengan jangka panjang Untuk Kedeapannya, "Ujar, Silan Toan Silandak (ICANG) Sebagai Ketua Kelompok Tani P3A Desa Jayabakti Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi.

(HENDRA LESMANA/MARDANI.L)

×
Berita Terbaru Update