-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Mercy Barends Berikan Lima Ribu Anakan Cengkeh dan Pala

27 April 2022 | 10:24:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-27T15:27:29Z

 Laksanakan masa reses di Maluku Barat Daya anggota DPR RI Dapil Maluku Mercy Christy Barends lakukan revitalisasi dan menanam 5000 pohon cengkeh dan pala.


Penulis : Nik Besitimur


JURNALINVESTIGASI.com, TIAKUR MBD - Jalani masa reses di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Anggota DPR RI Mercy  Christy Barends melakukan program penanaman dan revitalisasi 5000 tanaman cengkeh dan pala di Kabupaten yang bertajuk Kalwedo itu.

Pantauan media ini, lokasi penanaman 5000 tanaman cengkeh dan pala di mulai di pusat ibu kota Kabupaten Maluku Barat Daya tepatnya di Taman Kota Tiakur disaksikan oleh Bupati MBD bersama OPD terkait.

Penyerahan bantuan secara simbolis dari Legislator dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Mercy Chriesty Barends kepada Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST. Selanjutnya diserahkan kepada Jonathan Masiba dari Kecamatan Wetar Barat, Anton Nunusala Kecamatan Romang, Abe Payara Kecamatan PP. Babar, Nus Letlora Kecamatan Babar Timur dan Gaspar Letti Kecamatan Damer.

Sebelum melakukan penanaman, dalam sambutan singkat Mercy Barends, mengakui, ada lima ribu (5000) anakan cengkeh dan pala yang akan ditanam.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program penanaman dan revitalisasi tanaman rempah cengkeh dan pala. Program ini sudah berjalan sejak menjadi DPR RI periode pertama 2014-2019 dan berlangsung hingga periode kedua 2019-2024. Program ini dapat terlaksana berkat dana swadaya, perjalanan dan reses yang dikumpulkan dari waktu ke waktu.

Lanjut Mercy, program penanaman dan revitalisasi tanaman rempah cengkeh dan pala beranjak dari hasil riset kala itu dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia bahwa kualitas cengkeh Maluku turun dan kalah dari Medan. Dipacu juga dengan pikiran bahwa kalau Maluku benar penghasil rempah maka disetiap sudut negeri ada tanaman cengkeh dan pala.

"Bibit tanaman cengkeh dan pala yang diberikan sudah lewat sebuah proses terbaik. Diseleksi oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku sehingga bibit cengkeh dan pala kelak memberikan kualitas terbaik terjaga nantinya setelah dipanen. Ini investasi masa depan untuk anak cucu, mari lakukan yang terbaik saja sehingga untuk anak dan cucu dapat menikmatinya" ungkap Mercy.

Disaat yang bersamaan Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST menyampaikan ucapan terima kasih dan membenarkan bahwa penyerahan bibit tanaman rempah cengkeh dan pala dari dana pribadi anggota DPR RI, Mercy Chriesty Barens. Program-program ini dilakukan setiap tahun ketika melakukan reses, karena terpanggil saat kualitas hasil rempah terpuruk ungkap. ungkap Noach.

Penulis : Nik Besitimur


×
Berita Terbaru Update